Berita

APM Anggota GAIKINDO Siapkan Bengkel Siaga di Jalur Mudik

PoskoJAKARTA— Tingginya jumlah mobil pribadi untuk mudik Lebaran 2017 mendorong agen pemegang merek (APM) anggota GAIKINDO siaga. Mereka memyiapkan fasilitas dan dukungan teknis di sepanjang jalur mudik dan arus balik. Kesiagaan ini sudah menjadi kegiatan rutin bagi APM, bukan hanya di saat mudik Lebaran tapi juga di tiap hari-hari libur panjang nasional seperti Natal dan perayaan tahun baru

“Kami ingin mendukung kelancaran arus mudik dengan menyiapkan posko mudik di titik-titik strategis,” kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, kepada Tempo.

Toyota mendirikan 20 pos mudik yang tersebar dari Tebing Tinggi (Sumatra Barat) hingga Konawe (Sulawesi Tenggara). Dari 20 titik itu, sebagian besar terkonsentrasi di sepanjang Pulau Jawa. “Kami buka di Pelabuhan Merak, Cikampek, Cipali, Cisarua, Nagrek, Cirebon, dan beberapa titik di jalur Pantura.”

Toyota di tiap pos menyediakan layanan servis kendaraan darurat untuk pemudik yang mobilnya mogok atau mengalami kerusakan di jalan. Untuk masa mudik tahun ini, Toyota menjadikan pos  mudik sebagai tempat istirahat.

PT Honda Prospect Motor juga memperluas layanannya sepanjang masa mudik dengan membuka 109 bengkel siaga dan 13 posko mudik. “Selain posko di jalur mudik, kami menyiapkan bengkel Honda Pasteur (Bandung) dan Honda Surabaya Center sebagai bengkel siaga 24 jam untuk menemani para pemudik yang membawa mobilnya,” ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual, Jonfis Fandy.

Posko dan bengkel siaga Honda beroperasi mulai 23 Juni hingga 2 Juli 2017. Penambahan dan pengembangan jaringan dealer Honda dalam beberapa tahun belakangan memungkinkan Honda menambah jumlah bengkel siaga yang terlibat untuk masa mudik kali ini. “Sehingga konsumen bisa lebih aman dan nyaman di perjalanan.”

PT Nissan Motor Indonesia (APM Nissan dan Datsun) menggelar tiga program khusus pada Lebaran kali ini. Ketiga program itu ialah “Nissan & Datsun Rest Point”, “Nissan & Datsun Mobile Siaga”, serta “Nissan & Datsun Bengkel Siaga”.

Layanan ini berlaku untuk semua pelanggan merek Nissan dan Datsun di seluruh Nusantara. “Layanan siaga 24 jam yang bersifat mobile (bergerak) kami siapkan pada lima titik jalur mudik di Pulau Jawa dengan dukungan unit Nissan Service Car,” kata Head of Communications Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani.

Layanan ini dapat digunakan ketika konsumen Nissan dan Datsun membutuhkan bantuan darurat dan lokasinya tepat berada di jangkauan Nissan Mobile Siaga. “Syaratnya, lokasi konsumen sejauh 25 kilometer dari titik Nissan & Datsun Mobile Siaga. Layanan ini beroperasi di Tegal, Buntu, Nagreg, Lasem, dan Magetan.

Selain APM mobil penumpang, APM kendaraan komersial menyiapkan posko siaga. PT Hino Motor Sales Indonesia akan mendirikan 12 titik siaga di wilayah Jawa dan Sumatra. Pembukaan posko ini, menurut Senior Executive Officer After Sales PT Hino Motor Sales Indonesia, Irwan Supriyono, untuk kondisi darurat. “Karena seharusnya setiap perusahaan otobus sudah menyiapkan armadanya sebelum melayani mudik.” Titik-titik posko mudik Hino didirikan di dekat lokasi istirahat yang disinggahi bus antarkota.

Pemerintah juga akan mendirikan sejumlah posko mudik dan tempat istirahat. Menurut Pudji, posko versi pemerintah ini akan didirikan di setiap jembatan timbang. Jembatan timbang mulai dialihfungsikan menjadi rest area mulai H-7 Lebaran. “Nanti ada musala, toilet, dan warung makan.”

Beberapa APM anggota GAIKINDO yang menggelar layanan khusus dan pos mudik Lebaran:

  1. Daihatsu
  2. Chevrolet
  3. Datsun-Nissan
  4. Hino
  5. Honda
  6. Hyundai
  7. Isuzu
  8. Kia
  9. Mazda
  10. Mercedes-Benz
  11. Mitsubishi
  12. Suzuki
  13. Toyota. (*)