Economy & Industry

Mesin Irit Alasan Utama Konsumen Membeli Mobil

Sebuah survei oleh Klynveld, Peat, Marwick, Goerdeler (KPMG) pada 2014 menunjukkan kriteria konsumen dalam membeli mobil. Efisiensi BBM memang masih menjadi pertimbangan utama (92% responden). Ini diperkuat dengan kenaikan harga BBM yang cukup tinggi pada 2014. Masa kegunaan mobil juga muncul sebagai faktor penting (70% responden).

Teknologi BBM alternatif tak lagi menjadi faktor utama dalam penghematan. Kurang dari separo responden menganggap hal ini penting. Mobil ramah lingkungan serta tampilan eksterior juga masih menjadi pertimbangan penting orang membeli mobil.

Makin banyak konsumen di pasar otomotif Brasil, Rusia, India, dan Cina (BRIC) menuntut mobil ramah lingkungan karena polusi yang makin tinggi di beberapa kota besar di empat negara tersebut.
Hasil survei juga menunjukkan bahwa solusi teknologi pada mobil menjadi pilihan penting.

Konsumen ingin mobil yang dilengkapi perangkat lunak atau pendukung perangkat selularnya (connected drive). Saat ini fitur tambahan tersebut masih relatif mahal. Tapi di masa datang produsen berpeluang meningkatkan pendapatan melalui fitur-fitur teknologi maupun layanan lainnya yang memberikan nilai tambah.

Grafis di bawah ini menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli.

consumer-graph