JAKARTA— PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membukukan pertumbuhan penjualan mobil dari dealer ke konsumen atau retail sebesar 90,6 persen secara tahunan pada 2021. Sepanjang tahun lalu, penjualan mobil penumpang maupun mobil niaga mencapai 104.407 unit. Itu naik dari angka 2020 sekitar hampir 50 ribu unit, dengan peningkatan pangsa pasar menjadi 13,2 persen.
Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura mengatakan selain adanya diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) 100 persen dari pemerintah, kehadiran New Xpander juga mendorong perseroan mencapai angka peningkatan tersebut. “Capaian kami pada 2021 tentu sangat memotivasi kami untuk memulai 2022 dengan lebih positif. Penerimaan baik dari konsumen akan produk-produk kami sangat kami apresiasi dan memacu kami untuk terus memberikan keunggulan dan keuntungan bagi para konsumen,” kata Nakamura dalam keterangannya, Jumat 14 Januari 2022, seperti dikutip BISNIS.
MMKSI telah menghadirkan New Pajero Sport, Xpander Rockford Fosgate Black Edition, Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, serta New Xpander dan New Xpander Cross. Selain itu, MMKSI juga menghadirkan Minicab MiEV pada pameran mobil GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, sebuah kendaraan niaga yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.
Dalam hal layanan, MMKSI tetap secara aktif memperluas fasilitas dealer serta bodi dan cat di beberapa daerah di Indonesia. Khusus Desember 2021, MMKSI mencatatkan penjualan dengan total 12.617 unit, dengan pangsa pasar sebesar 13,8 persen. Pada penjualan Desember 2021, mobil MMKSI mencatat penjualan 9.004 unit. Sedangkan di segmen mobil niaga ringan, MMKSI berhasil mencatat penjualan 3.613 unit.
Model Xpander (termasuk Xpander Cross) mendominasi penjualan MMKSI hingga 60,08 persen dan L300 berkontribusi 19,27 persen serta Pajero Sport menyumbang 11,25 persen penjualan MMKSI. Sejumlah model kendaraan berhasil meningkatkan pangsa pasar. Sebut saja Xpander, termasuk Xpande Cross yang menjaga pangsa pasar di segmen small MPV sebesar 34 persen atau telah terjual sebanyak 7.581 unit. Angka tersebut meningkat 3.225 unit dibanding penjualan pada November 2021.
Ada pula Pajero Sport yang meraih pangsa pasar sebesar 30,3 persen di segmen medium sport utility vehicle (SUV) 2.500 cc (4×2 dan 4×4) dengan total penjualan 1.420 unit. Selain itu, L300 juga mempertahankan posisinya di segmen small pick-up 4×2 dengan pangsa 59,7 persen atau 2.431 unit terjual. Begitu pula dengan model Mitsubishi Triton yang tetap mempertahankan posisinya di segmen pick-up 4×4 dengan pangsa pasar 69,1 persen atau terjual sebanyak 1.174 unit. (*)