Berita Berita APM

Bisnis Wuling Melaju, Masuk 10 Besar di Pasar Otomotif RI

KONTAN— Produsen mobil patungan dari China-Amerika Serikat (AS) Wuling Motors menyebut persaingan pasar otomotif nasional semakin ketat tahun ini. PabrWuling terus memperkuat penjualan dan memaksimalkan layanan terbaik bagi konsumen Indonesia.

Mengutip data GAIKINDO, penjualan retail Wuling Motors sebesar 16.607 unit pada Januari-Agustus 2023. Angka ini naik 8,6 persen year on year (YoY) dibanding periode yang sama tahun 2022 lalu. 

Kini Wuling Motors bertengger di posisi 10 pasar mobil nasional.  Posisi Wuling tepat berada di bawah Hino dan di atas Mazda. Tentu masih ada beberapa pabrikan lain yang posisinya lebih tinggi dari Wuling seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi Motors, Suzuki, Hyundai, Mitsubishi Fuso, Isuzu, dan Hino.

Dian Asmahani (Brand & Marketing Director Wuling Motors) mengatakan, persaingan pasar otomotif di Indonesia terbilang ketat. Wuling tidak hanya menghadapi pabrikan asal Jepang, Korea, dan Eropa yang sudah lama eksis di Indonesia, melainkan juga sesama pabrikan China yang belakangan terus bermunculan di Tanah Air.

Pada dasarnya setiap pabrikan memiliki strategi masing-masing dalam merebut hati konsumen, baik melalui penyediaan model terbaik, harga kompetitif, dan berbagai program layanan inovatif. “Sebenarnya yang paling diuntungkan dengan adanya kompetisi di pasar adalah konsumen, karena pilihan produknya makin banyak dan beragam,” katanya, Kamis 5 Oktober 2023.

Wuling Motors percaya diri bersaing secara kompetitif di pasar. Salah satu strategi Wuling adalah memberikan model terbaik kepada konsumen, misalnya New Almaz RS yang mulai dipasarkan hari ini. Wuling juga masih memiliki model mobil listrik yakni Air ev yang menjadi andalan dalam meningkatkan penjualannya di Indonesia. “Kami juga memiliki pabrik sendiri yang mampu memproduksi 120 ribu unit per tahun demi memenuhi permintaan konsumen,” kata Dian. (*)