Berita Berita APM

Cara Honda Motor Menguji Keahlian Sumberdaya Manusia

JAKARTA— PT Honda Prospect Motor (HPM) menguji kemampuan pekerjanya melalui acara tahunan yang sudah berlangsung selama 16 kali. Kegiatan ini bertajuk Honda Skill Contest 2020. Service, Parts & Customer Care Assistant General Manager HPM Denny MT mengatakan kontes tahunan ini bertujuan mengukur dan menguji kesiapan para sumberdaya manusia (SDM) dalam melayani konsumen.

“Melalui ajang ini, kami harap SDM Honda dapat terus memberikan pelayanan sales dan aftersales yang maksimal,” kata Denny dalam keterangan resmi seperti dikutip Bisnis, Sabtu 15 Februari 2020.

Dia menambahkan sebelum memasuki babak final di Jakarta, kontes serupa telah diadakan di lima wilayah dealer utama Honda yang membawahi seluruh dealer resmi di seluruh Indonesia. Pada putaran final, terdapat 90 personel dealer yang ikut berkompetisi.

Para finalis tersebut terdiri dari 10 orang wiraniaga, 60 orang teknisi dari servis yang terdiri dari service advisor, teknisi repair, teknisi pair maintenance dan body painting. Selain itu juga terdapat 10 orang dari bagian spare parts dan 10 orang dari customer care.

Ke-10 orang wiraniaga yang menjadi finalis berasal dari 10 dealer, yaitu Honda Jakarta Center, Honda Mitra Jatiasih, Honda Sunter, Honda Bintaro, Honda Sonic, Honda Pekalongan Motor, Honda Surabaya Center, Honda Istana Banyuwangi, Honda Arista Bengkulu, dan Honda Amartha Samarinda.

Sementara itu, 60 orang servis yang menjadi finalis berasal dari 29 dealer. Sedangkan 10 finalis dari spare partsberasal dari 10 dealer Honda. Dalam kontes bagian spare parts, para partman juga berlomba menjadi yang terbaik dalam penguasaan dan pengetahuan.

Denny menuturkan untuk kontes customer care, 10 peserta berasal dari 10 dealer Honda, yang terdiri dari Honda Arista Depok, Honda Cakra Pangukir, Honda Megatama, Honda Bandung Center, Honda Gajah Mada, Honda Mandalatama BSB, Honda Mandalasena, Honda Royal Wiyung, Honda Trio Motor, dan Honda Arista Sudirman. (*)