Berita Berita APM

Strategi Mazda Meningkatkan Kualitas Layanan

JAKARTA— PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) menggelar penghargaan tahunan bagi dealer terbaik melalui acara “Mazda Dealer Excellence Award 2019” di Jakarta pada Senin 2 Maret 2020. Mazda memberikan penghargaan bagi para dealer terbaik, juga penghargaan bagi para wiraniaga dan customer relationship coordinator (CRC) terbaik Mazda.

Mazda Dealer Excellence Award 2019 bertujuan memastikan para pelanggan Mazda di Indonesia dapat merasakan pengalaman yang memuaskan setiap kali berinteraksi dengan brand Mazda, baik dalam hal pelayanan penjualan maupun purnajual. “Ini menjadi wujud komitmen PT Eurokars Motor Indonesia terhadap kepuasan pelanggan Mazda di Indonesia. Dealer-dealer terbaik tentunya adalah mereka yang dapat menyampaikan esensi dari nilai-nilai brand Mazda yang selalu fokus pada kepuasan pelanggan,” kata Ricky Thio (Managing Director PT EMI) dalam keterangan tertulis yang dikutip Tempo.

Mazda Dealer Excellence Award 2019 memberikan penghargaan kepada tiga dealer terbaik di Indonesia berdasarkan beberapa kriteria penilaian yang telah dilakukan sejak bulan Januari hingga Desember 2019 lalu. Bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesadaran dealer dalam hal kepuasan pelanggan secara menyeluruh mulai dari area penjualan hingga purnajual, nilai yang diraih oleh dealer terbaik mencakup pencapaian penjualan dan suku cadang, peraihan nilai survey kepuasan pelanggan yang tinggi, hasil sertifikasi dealer dan personalia dealer, hingga nilai Indonesian Cup dan CRC Contest.

Tiga dealer terbaik peraih gelar Mazda Dealer Excellence Award 2019 adalah penghargaan untuk dealer-dealer terbaik di wilayahnya berdasarkan kategori penjualan, unit entry service dan lokasi.  Untuk Kategori/Wilayah I penghargaan diraih oleh dealer Mazda Bandung2 dan dealer Mazda MT Haryono.  Sedangkan untuk Kategori/Wilayah II penghargaan diraih oleh dealer Mazda Yogyakarta.

Selain dealer terbaik, penghargaan juga diberikan kepada 14 orang Branch Manager yang menerima penghargaan Branch Manager Certification sebagai Branch Manager terbaik dan memenuhi kriteria dalam aplikasi business plan.

Penghargaan Mazda Expert Certification diberikan kepada lima orang product trainer terbaik dalam menyampaikan materi produk, memiliki kemampuan softskills yang baik, serta kemampuan untuk memotivasi diri guna meningkatkan penjualan. Mazda Guild Program diberikan kepada 10 orang wiraniaga yang menunjukkan produktivitas penjualan yang tinggi serta menghasilkan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi.

Selain penghargaan yang disebutkan di atas, ada juga Indonesian Cup 2020 yang merupakan ajang National Sales Contest sesuai standar Mazda. Lima wiraniaga diumumkan sebagai pemenang. Ajang yang sama juga memberikan penghargaan bagi customer relationship coordinator (CRC) terbaik yang terpilih dalam CRC Contest. CRC Contest ini untuk meningkatkan kemampuan CRC dalam menjaga hubungan baik dengan para pelanggan maupun dalam penanganan keluhan secara langsung. Penghargaan ini diberikan kepada tiga pemenang utama.

“Untuk menghadirkan kepuasan terbaik bagi para pelanggan, kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan profesionalisme para staf dan karyawan kami,” kata Ricky. (*)