Berita Berita APM Transportasi

Daihatsu: 40 Persen Pengguna Posko dan Bengkel Siaga Lebaran Berasal dari Mobil Merek lain

TRIBUNNEWS— Di sekitar mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) Daihatsu menyediakan Posko dan Bengkel Siaga untuk mengawal perjalan pulang kampung konsumen. Yang menarik, data internal Daihatsu menunjukkan, sejak 2023 dan 2024 sekitar 40 persen pengguna Posko dan Bengkel Siaga Daihatsu berasal dari konsumen merek kendaraan lain.

“Tahun 2023 mungkin porsinya sekitar 40 persen. 2024 porsinya kurang lebih relatif sama,” kata Corporate Communication Director dan Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani dalam acara “Daihatsu Sahabat Mudik 2025” di Daihatsu Vehicle Logistic Centre, Sunter, Jakarta Utara, Minggu 23 Maret 2025.

Para pengunjung bukan hanya sekedar menggunakan fasilitas Posko Siaga Daihatsu untuk beristirahat, tapi juga memanfaatkan untuk mengecek kendaraan, seperti uji emisi dan kondisi lain. Sri Agung, menambahkan pihaknya secara terbuka menyambut masyarakat yang akan beristirahat di Posko Siaga Daihatsu dan berkomitmen memberikan pelayanan terbaik. “Kita juga melayani non Daihatsu cukup besar. Banyak orang dari brand lain yang ke Daihatsu. Ini artinya proses pelayanan kita memang baik dan kita komit dipelayanan,” katanya.

Tahun ini Daihatsu tetap akan membuka Posko dan Bengkel Siaga. Seluruh lokasi akan diumumkan bersamaan dengan peluncuran program mudik dari Astra Internasional. Konsumen yang mengunjungi bengkel sebelum mudik mengalami peningkatan, meski angkanya belum terkumpul secara lengkap.

“Setiap tahun saat menjelang mudik kunjungan ke bengkel selalu meningkat. Angkanya sendiri kita belum ada, tetapi banyak konsumen melakukan persiapan saat mau mudik, jadi peningkatan selalu ada,” katanya.

81 Daihatsu Bengkel Siaga untuk Mudik Lebaran 2025

Menyambut momen libur Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1446 H, Daihatsu mendukung perjalanan mudik pelanggan setianya dengan menghadirkan layanan Bengkel Siaga dan Pos Siaga yang berlangsung selama periode 28 Maret-6 April 2025. Bengkel Siaga ini tersebar di seluruh Indonesia, dan siap melayani pelanggan selama periode libur Lebaran, termasuk di hari Sabtu dan Minggu dengan jam operasional yang telah ditentukan.

Ke-81 titik Bengkel Siaga Daihatsu meliputi 12 bengkel siaga di area Sumatra; Jakarta dan sekitarnya atau Jabodetabek (18), Jawa Barat (8), Jawa Tengah dan DIY (10), Jawa Timur (10), Bali dan Nusa Tenggara (5), Kalimantan (7), dan area IBT (Indonesia Bagian Timur) seperti Sulawesi & Papua sebanyak 11 bengkel.

Pada periode yang sama, Daihatsu juga menghadirkan 6 Pos Siaga yang siap menemani perjalanan mudik pelanggan setianya. Selama perjalanan mudik, konsumen Daihatsu dapat memanfaatkan layanan Pos Siaga Astra Daihatsu seperti, servis kendaraan, tempat istirahat nyaman, koneksi internet gratis (free wi-fi), free snack, serta layanan lainnya.

Adapun lokasi ke-6 Pos Siaga Astra Daihatsu meliputi, Rest Area Tol Bakauheni Lampung KM 163 A; Rest Area Tol Cipali KM 166 A; Rest Area Resta Pendopo Tol Semarang – Solo KM 456 A; Rest Area Resta Pendopo Tol Semarang – Solo KM 456 B; Atmos CafĂ© Jl. Raya Bumiayu Tegal Brebes (Jawa Tengah); dan Paiton di SPBU 5468310 Utama Raya Krajan, Banyuglugur, Situbondo (Jawa Timur).

“Daihatsu siap menemani perjalanan mudik pelanggan dalam menyambut momen berharga bersama keluarga selama libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1446 H. Semoga kehadiran Bengkel Siaga dan Pos Siaga Daihatsu ini dapat membuat perjalanan Sahabat Daihatsu yang mudik tetap aman, nyaman, dan menyenangkan bersama keluarga,” kata Yanuar Krisna, Deputy After Sales Service & Logistic Division Head PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO). (*)