Berita Berita APM

Daihatsu Meraih 17,9 Persen Pangsa Pasar Ritel sepanjang Kuartal Pertama 2020

JAKARTA— PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membukukan penjualan ritel (dari diler ke konsumen) sebanyak 39.186 unit di sepanjang tiga bulan pertama tahun ini. Seiring dengan capaian penjualan tersebut, Daihatsu mengempit pangsa pasar sekitar 17,9% dari total volume penjualan ritel nasional yang mencapai 219.361 unit. “Kami bersyukur kondisi penjualan hingga kuartal pertama 2020, Daihatsu masih dapat mempertahankan market share di kisaran 17 persen,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra dalam keterangan tertulis seperti dikutip Kontan.co.id pada Rabu 15 April 2020.

Sebagian besar penjualan ritel Daihatsu di tiga bulan pertama tahun ini berasal dari penjualan Sigra (11.522 unit) setara 29,4 persen total penjualan ritel. Penjualan terbesar kedua berasal dari penjualan Gran Max pick-up (7.833 unit) setara 20 persen dari total penjualan. Terbesar ketiga adalah Terios (6.240 unit) setara 15,9 persen dari total penjualan.

Sekitar 34,7 persen penjualan sisanya berasal dari penjualan line up Daihatsu lainnya. Mereka adalah Ayla (4.604 unit, atau 11,7 persen), Xenia (4.573 unit, atau 11,7 persen), dan Gran Max minibus (3.394 unit, atau 8,7 persen). Model Daihatsu lainnya Luxio dan Sirion mencapai 1.020 unit (2,6 persen). DDaihatsu juga membukukan penjualan wholesales sebesar 48.113 unit. Dengan raihan ini, Daihatsu meraih pangsa pasar sekitar  20,3 persen dari volume wholesales nasional yang sebesar 236.825 unit.

Saat ini Daihatsu tengah menerapkan peraturan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Mereka menghentikan produksi sementara dan seluruh outlet dan bengkel resmi di Jakarta dengan meminta seluruh karyawan untuk tetap tinggal di rumah untuk menghindari resiko terinfeksi sejak 10 April 2020. “Untuk selanjutnya, keadaan akan lebih menantang dan tidak mudah, karena dampak negatif dari pandemi ke perekonomian Indonesia dan global,” kata Amelia. (*)