Berita Economy & Industry

Ekonomi Mulai Tumbuh, ExxonMobil Rilis Varian Pelumas Baru

JAKARTA— Merebaknya pandemi Covid-19 di tahun 2020 membuat penjualan mobil dalam negeri turun sekitar 40 persen. Turunnya penjualan kendaraan, serta mobilitas masyarakat yang dibatasi berdampak pada industri penunjang otomotif seperti pelumas. Produsen pelumas PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) dan PT Federal Karyatama (FKT) menyatakan penjualan tahun lalu menurun akibat pandemi Covid-19. 

“Meski tahun lalu sempat turun, kami optimistis tahun ini penjualan akan mulai meningkat karena perekonomian mulai pulih dan dibarengi dengan adanya program vaksinasi,” kata Executive Chairman ExxonMobil Lubricants Indonesia Patrick Adhiatmadja dalam virtual media gathering ExxonMobil beberapa waktu lalu seperti dikutip Republika, Senin 12 April 2021.

Di saat kondisi ekonomi mulai pulih, ExxonMobil Lubricants Indonesia dan Federal Karyatama berinovasi dengan memperkuat lini produk pelumas Mobil dan Federal Oil dalam berbagai kategori seperti kendaraan penumpang, sepeda motor dan industri sektor transportasi. Ekonomi yang mulai membaik merupakan momentum yang harus dimanfaatkan karena kebutuhan untuk kendaraan baik pribadi atau komersial dinilai akan meningkat.

Patrick berharap kepercayaan konsumen akan mulai tumbuh seiring pasar yang mulai pulih. Ia menambahkan pihaknya terus mempersiapkan diri untuk era normal baru dengan pemberdayaan digital. Tahun ini, EMLI juga merilis produk merek mobil varian baru untuk tetap kompetitif dan berpengaruh pada industri pelumas dan otomotif demi dapat meningkatkan penetrasi pasar. EMLI turut berkolaborasi dengan mitra jaringan demi memudahkan konsumen dalam menikmati sejumlah produk andalan.

Patrick mengungkapkan ada lebih dari 40 distributor nasional dan bengkel independen yang saat ini menjangkau sekitar 16 ribu bengkel independen melalui  jaringan distributor di seluruh Indonesia. EMLI dan FKT berupaya melakukan integrasi jaringan distribusi penjualan yang berfokus pada area-area potensial, seperti wilayah-wilayah di Jawa, Bali, dan Sumatera.

EMLI menjangkau konsumen dengan berbagai jenis layanan, seperti Mobil Car Care, bengkel rekanan Mobil, toko resmi Mobil di e-commerce dan layanan Servis Di Rumah. Dengan menghadirkan sejumlah terobosan, EMLI berharap produknya dapat menjadi pilihan masyarakat dengan menawarkan produk dan layanan yang lengkap. (*)

.