Berita Economy & Industry

GAIKINDO: Segmen MPV masih Menjadi Pilihan Konsumen Indonesia

JAKARTA— Sejumlah agen pemegang merek (APM) mobil di Indonesia bersiap-siap memperkenalkan produk baru mereka menjelang tutup tahun 2021 ini. Beberapa di antaranya hadir lewat segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Seperti misalnya Mitsubishi yang akan meluncurkan Xpander pada 8 November 2021. Lalu ada Toyota Avanza yang dirilis pada 10 November, yang kemudian disusul oleh Daihatsu Xenia pada 11 November 2021.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mengatakan bahwa jenis mobil MPV punya daya tarik tersendiri di mata konsumen Indonesia. Ini menjadi alasan mengapa segmen mobil yang satu ini masih cukup diminati oleh masyarakat, termasuk di tahun 2021 “Segmen MPV masih akan menjadi pilihan konsumen,” kata Ketua I GAIKINDO Jongkie Sugiarto seperti dikutip Kontan.co.id, Rabu 3 November 2021.

Ia mengatakan, pangsa pasar penjualan nasional memang masih dipegang oleh segmen MPV dan Low Cost Green Car(LCGC). Segmen MPV pangsa pasarnya mencapai 40 persen sedangkan LCGC 22 persen. “Ini karena masyarakat Indonesia masih menyukai mobil serba guna yakni MPV,” kata dia.

PT Honda Prospect Motor (HPM) menyebut bahwa hingga saat ini masih memasarkan mobil di segmen MPV, yakni Mobilio. “Segmen LMPV merupakan salah satu yang masih sangat diminati oleh konsumen di Indonesia,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor Yusak Billy.

Di tahun 2021 ini penjualan Honda Mobilio mencapai 4,546 unit, atau sekitar enam persen dari total penjualan Honda pada periode Januari – Oktober 2021. Jumlah itu tercatat menurun dari periode yang sama di tahun lalu sebanyak 5,705 unit. Beberapa merek lain juga memiliki produk model MPV di Indonesia. Misalnya Hyundai, Mazda, Datsun-Nissan, Renault, Wuling(*)