Berita Economy & Industry

GAIKINDO sudah Memprediksi Kondisi Pasar Mobil Domestik Kuartal Pertama 2019

JAKARTA— Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mengatakan sudah sejak 2018 memprediksi bakal turunnya penjualan mobil di pasar domestik pada Kuartal Pertama 2019. Itu diungkapkan Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi dalam Konferensi Pers GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di sela acara Buka Bersama oleh GAIKINDO di Jakarta, 14 Mei 2019.

Menurut Nangoi turunnya penjualan merupakan imbas dari situasi politik nasional yakni pemilihan anggota legislative (DPR/ DPRD) dan pemilihan presiden (Pilpres) serentak pada 17 April 2019. “Sebelum itu kami sudah melihat Pileg dan Pilpres 17 April 2019 merupakan agenda politik nasional yang sangat penting, dinamikanya akan berpengaruh terhadap penjualan mobil di pasar domestik,” kata Nangoi.

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, GAIKINDO lantas memutuskan memajukan jadwal pameran mobil GIIAS 2019 dari Agustus ke Juli. Majunya jadwal GIIAS 2019 sekitar dua pekan dari biasanya merupakan langkah GAIKINDO untuk segera mendorong dinamika pasar mobil nasional. Tujuannya agar denyut pasar mobil domestik segera kembali dinamis setelah sempat turun di bulan-bulan sekitar Pileg dan Pilpres.

Pada 2019 ini GIIAS berlangsung dari 18 sampai 28 Juli bertempat di Gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan (Banten). Sebelumn-sebelumnya GIIAS selalu berlangsung di Bulan Agustus—  GIIAS 2018 (2 hingga12 Agustus), GIIAS 2017 (10 sampai 20 Augustus), dan GIIAS 2016 (11 sampai 21 Agustus)

Untuk mengubah jadwal GIIAS 2019 teserbut GAIKINDO perlu memberi tahu Organisation Internationale des Constructeurs d’ Automobiles (OICA). OICA adalah asosiasi industri otomotif internasional di mana GAIKINDO sejak Juli 2006 merupkan salah satu anggota. Itu ditandani dengan pengesahan akresditasi oleh OICA atas pameran mobil mobil yang diselenggarakan GAIKINDO. OICA pula yang selama ini mengatur jadwal pameran mobil para anggotanya, termasuk jadwal GIIAS yang secara normal mendapat jatah berlangsung tiap Agustus.

Dalam catatan GAIKINDO, ada kecenderungan bawha pasar mobil domestik membukukan penjualan lebih besar pada semester kedua. “Sepanjang semester pertama tiap tahun rata-rata mencatat 40 hingga 43 persen penjualan total mobil di pasar domestik, selebihnya sekitar 47 sampai 60 persen penjuaaln terjadi di semester kedua” katanya. (*)