JAKARTA— Pameran mobil tahunan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 memberi ruang bagi keterlibatan mahasiswa. Langkah ini berupa pendekatan GAIKINDO melalui kegiatan “GIIAS Goes to Campus” (GGTC). Kegiatan ini merupakan upaya bersama antara GAIKINDO dan perusahaan event organiser Seven Events. Tujuannya adalah memberikan informasi rinci tentang GIIAS 2017 sekaligus lebih mendekatkan diri kepada generasi muda.
Ketua Penyelenggara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Rizwan Alamsjah menilai pentingnya kedekatan antara industri otomotif dengan generasi muda. Ini sebagai salah satu cara mempersiapkan masa depan industri otomtotif Indonesia. “GAIKINDO menghadirkan GIIAS untuk memberikan manfaat sekaligus mengedukasi masyarakat terhadap industri otomotif Indonesia,” katanya.
GIIAS 2017 akan berlangsung pada 10 hingga 20 Agustus 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang (Banten). GIIAS 2017 mengusung tema “Rise of the Future Mobility”. Ini menjadi gerak langkah GAIKINDO dalam membangun dan mengembangkan industri otomotif Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.
Pada GIIAS yang ke-25 ini GAIKINDO menunjukkan komitmennya memajukan sekaligus memperkenalkan potensi industri otomotif Indonesia. GIIAS 2017 menghadirkan rangkaian kegiatan pameran yang variatif.
Berkat hadirnya internet, platform media sosial mengajak masyarakat untuk dapat berkomunikasi tanpa batas. Selain digunakan untuk bersosialisasi, generasi masa kini mulai mengoptimalkan fungsi dari media sosial, termasuk sebagai media promosi yang efektif dalam menampilkan konten-konten kreatif yang dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas.
Presiden Direktur Seven Events Romi mengatakan “GIIAS Goes to Campus” mendukung perkembangan dunia digital masa kini. Sejak 2016 GIIAS sudah mulai melakukan pendekatan dengan membagikan informasi seputar pameran ini melalui akun media sosial milik GIIAS. Sehingga memudahkan masyarakat luas untuk mengetahui lebih detail tentang gelaran GIIAS hanya dengan mengakses smartphone”.
GIIAS Goes to Campus” menghadirkan sejumlah vlogger seperti Jovial da Lopez, Kevin Hendrawan dan Fitra Eri. Talkshow GIIAS Goes To Campus akan hadir di sejumlah universitas yang berlokasi di sekitar JABODETABEK. GGTC bergulir mulai April di Universitas Indonesia (UI) dengan mengundang perwakilan mahasiswa dari Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Gunadarma, Universitas Pancasila, IISIP, dan BSI.
Pada Mei, GGTC mengunjungi Universitas Prasetiya Mulya BSD, dengan mengundang perwakilan mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Pelita Harapan dan Swiss German University. Sementara digital communication competition akan berlangsung mulai tanggal 20 April – 20 Agustus 2017 dan dapat diikuti oleh publik.
“Melalui kegiatan talkshow dan kompetisi digital kami berharap mahasiswa dapat menyerap ide-ide kreatif yang disampaikan oleh para pembicara sekaligus termotivasi untuk mulai mengasah sisi kreatif sekaligus kemampuan mereka dalam memanfaatkan platform media sosial. Sementara pada kegiatan kompetisi digital kami mendorong dan memberikan kebebasan bagi peserta untuk meng-explore dan menghasilkan konten-konten kreatif berupa video, tulisan dan meme dengan tema besar #YukKeGIIAS.” kata Romi.
GIIAS 2017 mencatat kesertaan 29 merek dari para agen pemegang merek (APM) anggota GAIKINDO. Mereka terdiri dari 21 merek kendaraan penumpang yakni; Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, VW, dan Wuling. Sedangkan delapan merek kendaraan niaga antara lain DFSK, FAW, Hino, Hyundai Commercial Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, dan UD Truck. Selain itu, puluhan merek sepeda motor dan ratusan industi pendukung akan berpameran. (*)