JAKARTA— Menjelang pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 pada 11-21 Agustus di ICE – BSD City, Tangerang (Banten), panitia mengadakan rangkaian kegiatan pre-event bertajuk GIIAS Educare dan GIIAS Talk. Berlangsung pada 30 Juli 2022 lalu, GIIAS Talk mengangkat tema “New Era of Electric Vehicles Experience”.
GIIAS Talk mengangkat topik hangat dari industri otomotif, yakni elektrifikasi pada kendaraan dengan narasumber terpercaya dan ahli dibidangnya. Talkshow yang didukung oleh ALVA sebagai salah satu sponsor GIIAS 2022 ini mengajak para komunitas roda empat dan roda dua untuk mengenal elektrifikasi pada kendaraan lebih jauh dan dari berbagai sudut pandang.
Pada sambutannya diacara GIIAS Talk, Sekretaris Umum GAIKINDO Kukuh Kumara menyampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar terhadap kendaraan listrik, baik kendaraan penumpang, komersial dan juga roda dua. “Kita memiliki pemikiran serta kekhawatiran yang sama mengenai keberlanjutan perubahan tenaga, dalam hal ini bahan bakar. Maka dari itu kita mencari sumber tenaga baru yang bisa digunakan untuk kita semua. Dan yang tengah ramai dibicarakan adalah mengenai Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB),” katanya.
Kukuh menambahkan populasi pasar otomotif cukup tinggi, yang bila menggunakan energi listrik, maka tentu akan banyak penghematan penggunaan energi fosil. GAIKINDO akan tetap berupaya untuk membantu pemerintah dalam hal peningkatan elektrifikasi pada kendaraan, “Kendaraan listrik potensinya luar biasa, Indonesia punya sumber daya yang terus dikembangkan dan dimanfaatkan untuk menghasilkan sumber tenaga listrik,” katanya.
Salah satu narasumber GIIAS Talk, Aries Aditya Putra dari channel Electric Mobility (ELMO) mengatakan bahwa kendaraan listrik memiliki banyak keuntungan, mulai dari konsumsi energi yang lebih murah, pajak kendaraan, bebas emisi serta program ganjil genap dan juga perawatan pada kendaraan listrik yang lebih murah. “Bisa dibayangkan pada mobil listrik yang harganya 800 jutaan, pajak tahunannya hanya sekitar 1,1 jutaan karena masih mendapatkan insentif dari pemerintah. Begitu juga dengan motor listrik, pajaknya hanya sekitar Rp 50 ribu dalam satu tahun,” kata Aries.
Hal serupa juga diungkapkan oleh Rainier Haryanto (Managing Director Ilectra Motor Group). Menurutnya, penggunaan motor listrik dapat menghemat Rp 400 – Rp 500 ribu per bulan dibanding menggunakan internal combustion engine(ICE). Ilectra Motor Group sebagai pemegang merek Alva, pemain baru di industri otomotif, menyatakan siap dan berkomitmen untuk mulai mencoba di dunia elektirifikasi.
“Kami ingin berkontribusi dalam upaya penurunan emisi gas buang di Indonesia. Oleh sebab itu, pada tahap pertama ini fokus kami adalah dengan memasarkan kendaraan listrik roda dua,” kata Rainier.
“Dibentuknya Ilectra Motor Group berfokus untuk menjaga solusi mobilitas dengan produk pertamanya adalah di kendaraan roda dua. Nanti di GIIAS dapat dilihat kendaraan motor listrik yang lebih mirip seperti maxi scooter dengan torsi mendekati 44,5 Nm atau setara dengan motor berkapasitas 150 cc,” kata Rainier.
GIIAS 2022 akan menghadirkan informasi dan edukasi tentang kendaraan bermotor berbasis listrik baik dari kendaraan penumpang, komersial, dan juga kendaraan roda dua. GIIAS 2022 menghadirkan teknologi dan produk terbaru dari total 25 merek kendaraan penumpang dan komersial yang diantaranya akan membawa kendaraan listrik mereka, yaitu Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks.
Selain kendaraan roda empat tersebut, ada lebih dari 100 merek dari industri pendukung juga hadir di GIIAS 2022, dari industri karoseri hadir; Adiputro, Laksana, Tentrem, merek-merek ternama roda dua juga berpartisipasi dengan beberapa juga membawa motor listrik pada GIIAS tahun ini; Alva, AHM, Benelli, CF Moto, Exotic Bike, Gelis, Keeway, Minerva, Pacific Bike, Segway, Selis, SM Motor, SYM, Wmoto.
Inspirasi bagi Generasi Penerus
Sebelumnya, GIIAS 2022 juga telah melangsungkan GIIAS Educare pada 23 Juli 2022 lalu. Program kegiatan sosial yang dilakukan sebagai bentuk komitmen GIIAS untuk memberikan sumbangsih kepada generasi penerus Indonesia. Didukung penuh oleh Astra Financial selaku sponsor platinum GIIAS 2022, GIIAS bekerja sama dengan Dompet Dhuafa memberikan bantuan renovasi dan pendampingan sekolah. Harapannya program tersebut dapat mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang lebih baik dan nyaman untuk para siswa MI Nurul Falah Gaok, Pasarkemis, Tangerang.
Rangkaian GIIAS 2022 the Series akan dimulai pada 11-21 Agustus 2022 di BSD City, Tangerang. Kemudian dilanjutkan dengan penyelenggaraan GIIAS Surabaya pada 14 – 18 September 2022 di Grand City Convex, lalu GIIAS Medan pada 5 – 9 Oktober 2022 di Santika Premier Hotel and Convention, serta GIIAS Makassar pada 16 – 20 November 2022 di Celebes Convention Center. (*)