SURABAYA— Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Surabaya (Jawa Timur) diyakini akan ikut memacu pertumbuhan ekonomi seperti yang terjadi pada GIIAS 2022 di Jakarta. Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Yohannes Nangoi mengatakan industri otomotif saat ini sudah kembali bangkit, bahkan sejak tahun lalu.
Ini dapat dilihat dari tren penjualan otomotif nasional, termasuk dalam ajang pameran GIIAS yang rutin digelar setiap tahun. “Berkaca dari GIIAS 2022 di Jakarta pada 11 – 21 Agustus lalu, penjualan otomotif berhasil mencapai 26.000 unit Kendaraan dengan nilai Rp11,6 triliun, dan dengan jumlah total pengunjung mencapai 385 ribu,” katanya dalam konferensi pers GIIAS Surabaya 2022 pada 31 Agustus 2022 seperti dikutip BISNIS.
Capaian penjualan tersebut telah berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi mengingat otomotif adalah industri lokomotif yang menarik banyak gerbong ekonomi. Itu ulai dari industri komponen atau sparepart, leasing (financing) atau pembiyaan kredit, asuransi hingga layanan aftersales. “Kami sudah diskusi dengan Kemenperin, bahwa industri otomotif Indonesia digadang-gadang untuk menjadi pahlawan devisa, yang intinya adalah kita harus menekan impor dan memperkuat ekspor produk otomotif,” katanya.
Pameran GIIAS membuka peluang menumbuhkan minat masyarakat Indonesia, khususnya Jatim untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Ketua III GAIKINDO yang juga Ketua Penyelenggara GIIAS 2022 Rizwan Alamsjah mengatakan pada GIIAS 2022 di Surabaya ini nantinya akan ada 13 brand mobil, dan tiga brand sepeda motor, termasuk ada porsi untuk teknologi kendaraan listrik. “Di Surabaya, GIIAS memamerkan dan menjelaskan seluas-luasnya apa yang dimaksud dengan teknologi listrik yang ke depan akan menjadi tren di Indonesia mengingat ada isu kenaikan harga BBM. Pengunjung juga bisa mencoba merasakannya,” katanya.
Harga tiket masuk area pameran GIIAS 2022 Surabaya di Gedung Grand City Convex Surabaya pada 14 – 18 September 2022 ini dijual Rp20 ribu untuk weekdays, dan Rp 30 ribu untuk weekend. “GIIAS Surabaya nanti juga akan banyak promo seperti cashback hingga Rp 2 juta – Rp 5 juta untuk pembelian motor dan mobil melalui aplikasi Auto360,” katanya.
Project Director Astra Financial Tan Chian Hok menambahkan, Astra Financial selaku sponsor GIIAS 2022 ini meyakini kinerja pembiyaan sektor otomotif dapat terdongkrak melalui gelaran pameran GIIAS Surabaya. “Jawa Timur merupakan daerah penyumbang penjualan otomotif terbesar kedua setelah Jakarta, dan menyumbang 12 persen dari nasional. Kami optimistis pembiyaan otomotif di Jatim akan tumbuh positif, karena sebanyak 70 persen penjualan otomotif itu dilakukan secara kredit,” katanya.
Seperti halnya gelaran di Jakarta, Astra Financial mencatat nilai pembiyaan selama 11 hari gelaran GIIAS 2022 di Jakarta mencapai Rp 1,55 triliun melebihi target Rp 1,4 triliun. (*)