Berita Berita APM

Harianto, Mekanik Krama Yudha Mojokerto Juara “Mitsubishi Global Service Skills Contest 2019” di Jepang

TOKYO— Prestasi Mitsubishi Motors di Indonesia meraih penjualan tertinggi secara global, tapi juga memiliki sumberdaya manusia (SDM) yang terampil. Ini dibuktikan pada ajang Mitsubishi Motors Global Service Skills Contest 2019 di  Tokyo, Jepang. Perwakilan dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) Harianto, mendapatkan gelar “Best Mechanic” dalam lomba kelas dunia pada 13-14 Februari 2019.

Harianto merupakan perwakilan teknisi mekanik MMKSI. Ia selama ini bekerja di salah satu diler resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors, PT Srikandi Diamond Indah Motors Mojokerto (Jawa Timur), dan sudah menjadi mekanik Mitsubishi Motors selama 13 tahun. Pengalaman dan ketrampilan yang dimiliki Harianto mengantarkannya membawa gelar tersebut dan hadiah senilai 100 ribu yen. Sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati mekanik dari Thailand dan Belanda.

Global Service Skills Contest kategori service technician selama dua hari dan diikuti oleh 23 distributor Mitsubishi Motors dari 23 negara di dunia. Sebelumnya, kompetisi terakhir dilaksanakan pada tahun 2016 dan diikuti oleh 26 kontestan dari 26 negara. Tahun ini, 23 peserta dari 23 negara berkompetisi untuk mendapatkan gelar teknisi terbaik Mitsubishi Motors di dunia.

Untuk kategori Global Service Skills Contest juga terdapat kompetisi untuk kategori sales advisor. Di mana 14 sales advisor dari 14 negara distributor Mitsubishi Motors berkompetisi dalam 3 poin penilaian yaitu preparation form, tes tertulis, dan role-playReception Step”.  Pada kategori ini, Mitsubishi Motors Indonesia juga mengirimkan perwakilanya Mohammad Helmy Dwi Kurniawan. Dengan turut-sertanya tenaga kerja Mitsubishi Motors Indonesia dalam Global Servie Skills Contest, menjadi salah satu ajang yang memberikan kesempatan kepada tenaga sales advisor dan mekanik MMKSI untuk menunjukkan kualitas dan profesionalitas layanan Mitsubishi Motors kepada konsumen.

“Kepuasan pelanggan merupakan salah satu fokus utama kami, yang tidak terbatas pada produk berkualitas, namun termasuk layanan purna jual yang prima. Kualtias layanan perbaikan kendaraan menjadi hal yang sangat penting, dengan kualitas tenaga mekanik yang handal, maka dapat meningkatkan kepuasan pelanggan setia Mitsubishi Motors. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya gelar Mekanik terbaik pada Global Service Skills Contest 2019, ini memotivasi kami untuk terus meningkatkan kualiatas layanan dan tentunya menyediakan tenaga mekanik andal untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan Mitsubishi Motors,” kata Irwan Kuncoro, Director Sales & Marketing Division PT MMKSI.

Global Service Skills Contest untuk service technician terbagi menjadi dua sesi kompetisi yaitu kecakapan tenis (practical performance) dan kecakapan menulis (writing examination). Pada sesi practical performance peserta harus menyelesaikan tiga tantangan dalam waktu kurang dari 30 menit. Tantangan pertama ialah mesin yang tak menyala. Sebagai kondisi awal, peserta diinformasikan bahwa baterai, kompresi, Controller Area Network (CAN)-Bus line, dan ignition system dalam keadaan baik. Hal ini akan membantu peserta untuk menemukan akar permasalahan pada mesin.

Tantangan kedua adalah melakukan coding method. Setiap penggantian engine control unit (ECU), perlu dilakukan prosedur tertentu untuk membuat ECU sesuai dengan mesin. Salah satu prosedurnya dinamakan “Coding” yang merupakan metode yang sangat sulit. Maka dari itu prosedur ini menjadi salah satu tantangan lomba sebagai salah satu cara untuk memperlihatkan prosedur yang tepat.

Tantangan ketiga ialah customization method. Kebanyakan pelanggan tidak tahu bahwa kendaraan mereka dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan mereka. Tantangan ini merupakan salah satu cara untuk menyampaikan bahwa mekanik dapat menawarkan pilihan kustomisasi yang dapat dipilih oleh konsumen dan memberikan kepuasan bagi pelanggan. Setelah melalui tiga tantangan tersebut, mekanik perwakilan MMKSI berhasil mengungguli 22 peserta lainnya dari 22 negara distributor Mitsubishi Motors di dunia. Presetasi ini membuktikan tenaga mekanik Mitsubishi Motors di Indonesia memiliki kemampuan dan pengetahuan yang unggul.

Mitsubishi Motors di Indonesia tak hanya memiliki tenaga mekanik yang unggul tetapi juga memiliki layanan kepuasan pelanggan yang prima terbukti dengan diraihnya gelar Customer Service Index (CSI) Nomer 1 berdasarkan studi yang dilakukan oleh JD Power Asia Pasifik pada 2018. (*)