JAKARTA— Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berhasil meraih peringkat tertinggi dalam kepuasan pelanggan untuk layanan aftersales selama dua tahun berturut-turut. MMKSI meraih skor tertinggi, 819 poin, untuk layanan purnajual di Indonesia dalam studi JD Power terhadap 2.786 responden.
Para responden berasal dari kalangan pemilik kendaraan yang melakukan pembelian dan melakukan servis kendaraan di diler resmi periode Februari 2018-Juni 2019. Kemudian pelanggan yang melakukan perbaikan kendaraan di diler resmi Mitsubishi pada periode sama.
JD Power juga melakukan studi yang sama terhadap merek lain, yang lebih dulu mapan di pasar mobil penumpang Indonesia. Sebut saja Toyota, Honda, Daihatsu, Nissan, dan sebagainya.Mitsubishi Motors Indonesia meraih peringkat tertinggi di antara merek otomotif lainnya dengan capaian skor 819 poin. Ada lima faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan ketika melakukan perbaikan kendaraan di diler.
Pertama, kualitas servis (24 persen), inisiasi servis (20 persen), pengambilan kendaraan yang telah diservis (19 persen), servis advisor (19 persen), dan fasilitas servis (18 persen). Kepuasan pelanggan diukur pada skala 1.000 poin, dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan kepuasan yang lebih tinggi.
“Kepuasan pelanggan merupakan hal terpenting bagi kami. Sedangkan bagi konsumen, produk dan kualitas servis merupakan yang utama. Maka itu, kami fokus melihat ketertarikan dan kebutuhan konsumen, serta bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” kata Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI di Jakarta, seperti dikutip Merdeka beberapa pekan yang lalu.
Ia mengatakan, Mitsubishi berusaha menghadirkan produk yang lebih dari sekadar alat transportasi, tapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup yang ditunjang layanan purnajual andal. Capaian ini mendorong Mitsubishi terus berkembang memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. (*)