Berita Berita APM Economy & Industry

Hindari Kerumuman, Toyota dan Daihatsu Luncurkan Online Agya dan Ayla Baru

JAKARTA— PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sepakat meluncurkan duet mobil LCGC Agya dan Ayla secara live video pada Kamis 19 Maret 2020. Langkah ini dipilih oleh kedua jenama asal Jepang itu setelah acara seremoni launching yang sedianya akan digelar pada hari yang sama batal akibat makin luasnya wabah virus COVID-19 (Corona) di Indonesia, terutama di Jakata dan sekitarnya (Jabodebek). 

“Setelah kami pelajari dengan situasi yang ada saat ini, launching Agya akhirnya kami putuskan ke arah online launch,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM seperti dikutip Kumparan. “Untuk Ayla dan Sirionlaunching-nya diubah jadi digital launching,” ujar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM. 

Peluncuran Agya dan Ayla secara online tersebut dipilih oleh Toyota dan Daihatsu demi mencegah terjadinya kerumunan massa yang berpotensi pada adanya penyebaran wabah virus Corona. Menyoal teknis peluncurannya, keduanya menyiarkan launching tersebut melalui sebuah video live streaming di akun Youtube masing-masing Agen Pemegang Merek (APM). Untuk Toyota Agya rencananya diluncurkan secara online di akun Youtube ToyotaIndonesia pada jam 10.00 WIB. 

Sementara untuk Daihatsu Ayla, peluncuran secara online-nya baru dimulai pada jam 11.00 di akun Youtube Daihatsu Sahabatku. Selain meluncurkan Ayla, Daihatsu juga meluncurkan mobil facelift lainnya, yaitu Sirion. 

Dengan kepastian peluncuran secara online yang dilakukan oleh Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, maka kedua pabrikan itu menjadi pabrikan kedua dan ketiga yang meluncurkan mobil barunya secara online akibat meningkatnya wabah virus Corona di Indonesia.  Sebelumnya, BMW lebih dulu melakukan peluncuran secara online di akun Youtube-nya saat meluncurkan The New 6 Gran Turismo M Sport pada Kamis 12 Maret 2020. (*)