Berita Berita APM Economy & Industry

Honda: Pembeli LCGC Dominan beberapa Tahun ke Depan

JAKARTA— PT Honda Prospect Motor (HPM) memprediksi konsumen untuk segmen pembeli city car ata (Low Cost Green Car, LCGC) akan tetap mendominasi penjualan industri otomotif. Public Relations and Digital Strategy Senior Manager PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili, mengatakan data HPM menunjukkan bahwa kaum milenial menjadi pasar terbesar pembeli city car atau mobil LCGC.

“Segmen pembeli lainnya seperti sport utility vehicle (SUV) berkembang, tapi segmen LCGC secara konsisten menjadi salah satu segmen terbesar di Indonesia,” kata Arfi, Rabu 8 Februari 2023, seperti dikutip TRIBUN.

Gambaran tersebut diperkuat dengan data dari perusahaan yang menyebut produk city car Honda Brio dengan kontribusi hampir 50 persen dari total penjualan Honda setiap tahunnya, di mana banyak dibeli kaum milenial. “Kalau kita jabarkan lagi yang membeli Honda Brio itu mereka adalah first time buyer, dan mereka ini ada beberapa jenis, ada keluarga muda yang baru pertama kali membeli mobil atau kaum muda yang baru pertama bisa nyetir mobil dan beli mobil,” katanya.

HPM memprediksi potensi pertumbuhan segmen city car atau LCGC akan terus positif untuk beberapa tahun ke depan. Dilihat dari potensi pasarnya atau porsi populasi milenial di Indonesia, ini akan menjadi salah satu segmen konsumen terbesar. Bukan hanya otomotif, tetapi untuk industri secara umum di Indonesia. “Karena populasi di usia mereka itu besar dan selama lima tahun ke depan akan menjadi salah satu segmen konsumen terbesar di Indonesia,” kata Arfi. (*)