MARKETEERS— Model mobil Pajero merupakan produk yang telah diperkenalkan oleh Mitsubishi sejak 1982. Japan Automotive Hall of Fame (JAHFA) menilai mobil sport utility vehicle (SUV) itu berjasa. Mitsubishi Motors mengumumkan generasi pertama dari Mitsubishi Pajero itu telah dipilih oleh JAHFA sebagai salah satu dari mobil bersejarah.
Pasalnya, produk tersebut memiliki kontribusi yang besar kepada sejarah otomotif Jepang. Salah satu kontribusinya adalah lewat terobosannya dalam merangsang pasar kendaraan rekreasional. Artinya, kendaraan itu tak hanya diminati karena mampu menjadi sarana penunjang mobilitas harian tapi juga untuk menunjang beragam kegiatan menyenangkan lainnya, seperti berpetualang dan kegiatan hobi.
Produk ini hadir sebagai sebuah mobil off-road berpenggerak empat roda (four wheel-drive, 4WD) yang lengkap. SUV ini dikemas dengan memadukan off-road handling yang baik tapi tetap mudah untuk digunakan. Tak heran, produk ini telah menerima antusiasme dan dukungan dari konsumen dan membangun posisi solid sebagai salah satu pemimpin di segmen kendaraan rekreasional. Produk itu pun jadi mobil 4WD yang booming di Jepang pada saat itu.
Mobil full-size SUV yang menjadi kakak dari Pajero Sport ini telah mengantongi catatan produksi sebanyak 3,25 juta unit lewat empat generasi. Hingga kemudian, Mitsubishi memutuskan untuk berhenti memproduksi Pajero pada 2021. Dalam kiprahnya, SUV ini telah diekspor ke lebih dari 170 negara. Di Jepang, produk yang juga sempat hadir dalam model Pajero Mini kei-car pada tahun 1994 itu telah menjadi salah satu model seri ikonik dari Mitsubishi Motors.
Selain itu, produk tersebut juga sempat hadir dalam model compact SUV Pajero Junior di 1995 dan compact SUV Pajero iO pada tahun 1998. Di arena motorsport, Pajero juga melibatkan diri dalam Rally Dakar pada 1983. Dalam rally raid terberat di dunia itu, Pajero berhasil mengeklaim kemenangan umum pada 1985 yang menjadi kemenangan pertama untuk tim dengan kendaraan Jepang.
Dalam ajang itu, Mitsubishi Pajero berkompetisi di reli sebanyak 26 kali hingga 2009 dan meraih total 12 kemenangan termasuk tujuh kemenangan berturut-turut. Mitsubishi menilai prestasi di ajang itu sekaligus mendemonstrasikan keunggulan pengendalian dan durabilitas dari SUV tersebut.
Pengetahuan dan keahlian yang didapatkan melalui pengalaman motorsports itu pun dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tarik produk Pajero dan model produksi lainnya.
Karenanya, teknologi all-wheel control, teknologi durabilitas dan teknologi keandalan tetap hidup sebagai teknologi inti yang menjadikan kendaraan Mitsubishi Motors memiliki kekhasan karakter. Barisan jasa itulah yang kemudian membuat JAHFA menilai produk tersebut merupakan produk yang bersejarah dan memiliki banyak kontribusi dalam industri otomotif Jepang. (*)