JAKARTA— Sebanyak 20 agen pemegang merk (APM) memanfaatkan ajang pameran mobil Jakarta Auto Show (JAS) 2015 untuk kembali menghadirkan model-model unggulannya bagi konsumen. JAS 2015 berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC) dari 28 Oktober hingga 1 November 2015.
Mitsubishi
PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) meluncurkan varian terbaru Mitsubishi Delica Royal . Varian baru ini diharapkan mampu memperkuat posisi Mitsubishi Delica di pasar MPV kelas atas, sejak meluncur pertama kali pada 2014. Mitsubishi menargetkan varian baru Delica Royal bisa meningkatkan pangsa pasarnya sebesar 14%.
“Varian Mitsubishi Delica Royal ini untuk menjawab kebutuhan konsumen akan kendaraan dengan kemampuan, keamanan, dan performa maksimal, berikut desain eksterior dan interior yang semakin elegan,” kata Kosei Tamaki, Executive General Manager of MMC Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors.
“Sebagai Sport Utility MPV, Mitsubishi Delica Royal mempertahankan ciri khas yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya, salah satunya adalah ground clearance 190 milimeter, tertinggi di kelasnya.”
Mazda
PT Mazda Motor Indomesia (MMI) juga memamerkan sejumlah produk mobil terbarunya. DMMI memamerkan produk-produk mobil yang telah dipasarkan saat ini seperti All New Mazda2, Mazda6, New Mazda CX-5, Mazda VX-1, New Mazda 8, New Mazda Biante, dan New Mazda CX-9.
MMI memperoleh penghargaan dari JD Power Asia Pacific atas performa mereka dalam JD Power Asia Pacific 2015 Indonesia Customer Service Index (CSI) Study, yaitu indeks yang mengukur tingkat kepuasan para pemilik kendaraan baru terhadap layanan purna jual dari brand. “Kepuasan tertinggi dari pelanggan Mazda akan selalu menjadi komitmen Mazda sebagai bagian dari semangat Be Alive Mazda Indonesia,” kata Keizo Okue, President Director PT Mazda Motor Indonesia.
Jaguar dan Land Rover
PT Grandauto Dinamika (PT GAD) agen mobil Jaguar Land Rover di Indonesia memperkenalkan lini terbaru Jaguar XE, mobil berkonsep sport saloon yang mengadaptasi teknologi pesawat luar angkasa. Jaguar XE merupakan varian pertama Jaguar yang menggunakan aluminum-intensive monocoque dengan kandungan material aluminium lebih dari 75% dari keseluruhan bodi mobil.
Jaguar XE yang memiliki mesin turbo 2.000 cc dipasarkan dalam dua opsi varian, Prestige dan R-Sport.
“Jaguar XE menjadi salah satu milestone penting karena kami bisa memperkenalkan salah satu mobil paling aerodinamis Jaguar ke pasar Indonesia,” kata Bambang Tjahyono, Direktur Operasional PT Grandauto Dinamika.
Mercedes-Benz
Mercedes-Benz Indonesia dengan menampilkan lima produk sports utility vehicle (SUV) premium— GL 400, All New GLC, ML 250 CDI, GLA Class, serta GLE AMG Coupe. “Kendaraan-kendaraan yang hadir pada ajang ini memperlihatkan karakteristik SUV kami yaitu keunggulan tanpa batas, percaya diri, dan keanggunan,” kata Roelof Lamberts, Sales and Marketing Director for Passenger Car Mercedes-Benz Indonesia.
“Kami melakukan pendekatan baru pada kampanye SUV dengan menampilkannya secara lengkap, sehingga mempermudah pelanggan kami di perkotaan seperti Jakarta dalam menentukan kendaraan yang sesuai kebutuhan.”
Toyota
Toyota Astra Motor (TAM), melalui salah satu dealer terbesarnya Auto2000, menghadirkan lima unit kendaraan penumpang— Alphard, Avanza, Veloz, Yaris, dan Fortuner. Auto2000 menawarkan program kredit ringan yang menarik untuk konsumen Jakarta dengan angsuran hanya Rp 1 juta-an untuk pembelian Grand New Avanza. Selain itu juga ada program test drive New Avanza dan Veloz berhadiah Kijang Innova, plus hadiah tambahan berupa dua unit sepeda motor, dua unit TV LED, dan HP Android.
“Kami optimistis program ini akan memacu penjualan Toyota selama pameran berlangsung,” ujar Riki Rusdiono, ketua pelaksana Auto2000. Hingga September 2015, Toyota masih mendominasi pangsa pasar mobil penumpang dengan penjualan sebanyak 50.611 unit dari total market Jakarta sebesar 139.084 unit.
Renault
PT Auto Euro Indonesia yang menjadi APM Renault di Indonesia menampilkan enam lini produknya berupa Duster 4×2, Duster 4×4, Koleos, Captur, Clio RS, dan Megane RS. Mobil asal Prancis ini juga mengedepankan teknologi zero emission dan meneruskan program layanan purna jual peace of mind, yang memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi para customer Renault terhadap segala perbaikan yang tidak terduga.
Atraksi
JAS 2015 juga menampilkan beberapa program menarik dari masing-masing APM seperti test drive, 4×4 Challenge dan kegiatan sosial berupa donor darah. Setiap brand peserta JAS 2015 juga akan menampilkan program-programnya. Panitia juga menghadirkan satu program “Raih Kesempatan Membeli Datsun Go Seharga Rp 10 juta” dengan membawa sobekan program promosi tersebut yang tersebar di beberapa media cetak nasional dan membeli tiket pameran JAS.