Berita Economy & Industry

Jualan Mobil Online, Konsumen Butuh Aplikasi yang Mirip Dealer

JAKARTA – Pandemi COVID-19, telah merubah kebiasaan masyarakat yang tadinya melakukan pembelian secara konvensional, kini banyak dilakukan secara online. Hal ini juga terjadi dalam pembelian kendaraanyang kini banyak melakukan transaksi penjualan dan juga pembelian dengan menggunakan ranah online.

Walaupun mengalami lonjakan, Direktur MTF William Francis Indra mengatakan, untuk bisa merubah konsumen yang sudah lama menggunakan cara konvensional (mendatangi dealer), bukan sebuah hal yang mudah dilakukan oleh para pengusaha otomotif. “Perubahan transaksi secara online ini begitu banyak tantangannya, karena tak mudah untuk merubah kebiasaan orang jika membeli kendaraan itu harus merasakan, mencoba dan juga bertanya tentang kendaraan tersebut,” kata William Francis Indra.

Ia menegaskan, MTF sebagai perusahaan pembiayaan kendaraan telah menyediakan berbagai keperluan yang dibutuhkan untuk konsumen yang melakukan pembelian kendaraan secara digital. “Pada kegiatan online sebelumnya kami juga menyediakan program yang bisa seolah-olah mereka sedang berada di dalam kendaraannya yang mereka ingin beli dengan semirip mungkin kita menghadirkan aplikasi yang dapat menjawab semua pertanyaan dari konsumen mengenai jaringan dealer, service hingga harga jual kembali,” kata dia.

Ia yakin, salah satu kegiatan MTF Fair 2021 yang dilakukan secara digital dapat mengedukasi masyarakat untuk bisa beradaptasi untuk membeli kendaraan secara online. “Transaksi secara online itu setiap bulannya selalu naik, kita pernah mencapai Rp 10 miliar per bulan, COVID-19 ini memang banyak merubah kegiatan jual-beli online, dan yang apply secara online itu juga banyak sekali. Tapi mereka banyak juga yang tak tahu langkah selanjutnya, sehingga butuh edukasi lebih,” katanya. (*)