Berita Berita APM

Konsumen Subaru di Indonesia Membeli Mobil untuk Kesenangan

TEMPO— Produsen mobil asal Jepang Subaru kembali meramaikan industri otomotif di Indonesia sejak 2022. Hasilnya, penjualan Subaru cukup berhasil. Mobil ini terkenal dengan mesin boxer dan penggerak semua roda (all-wheel drive, AWD) pada semua modelnya, yaitu Forester, WRX, Crosstrek, dan Outback.

Chief Executive Officer Subaru Indonesia Arie Christopher mengakui karakteristik konsumen Subaru sedikit berbeda dari merek lain. Mereka membeli mobil Subaru bukan sebagai mobil pertama yang dimilikinya. “Konsumen membeli Subaru bukan sebagai alat transportasi semata, mereka membeli karena hobi sama mobilnya dan yang pasti bukan mobil pertama mereka,” kata Arie di Jakarta Selatan, Kamis, 23 November 2023.

Arie mengklaim konsumen Subaru adalah mereka yang mencari sensasi berkendara dalam menyetir mobil. “Mereka (konsumen Subaru) suka menyetir, pengalaman berkendara, dan memang mereka benar-benar menghargai teknologi dari Subaru. Bukan hanya sekadar mobil untuk memindahkan mereka dari titik A ke titik B,” kata dia.

Untuk rentang usia konsumen Subaru di Indonesia cukup bervariasi. Arie mengatakan, tidak hanya di usia muda, tetapi juga usia lanjut, seperti 50 tahun ke atas.

Model Subaru yang paling laris saat ini masih dipegang oleh Crosstrek, diikuti oleh BRZ dan WRX. “Crosstrek sekitar 40 persen, BRZ sekitar 25 persen, dan WRX sekitar 20 persen,” ucap Arie.

Belum Pikirkan Pabrik di Indonesia

Subaru belum memikiran untuk memproduksi mobil di dalam negeri, mengingat merek otomotif asal Jepang ini baru saja masuk kembali ke pasar Tanah Air pada 2022. Semua kendaraan Subaru masih merupakan impor utuh (completely-built up, CBU) dari Jepang.

“Untuk membuat pabrik itu kami harus melihat sesuai dengan pertambahan volume dan market share, baru nanti kita ke arah situ. Kami melihat tiga sampai lima tahun ke depan,” kata Arie.

Subaru pernah meninggalkan pasar Indonesia, dan baru kembali beroperasi di Indonesia di bawah naungan PT Plaza Auto Mega pada Februari 2022. Hal tersebut ditandai dengan meluncurnya All New Subaru Forester yang berada di segmen sport utility vehicle (SUV).

Lalu Subaru kembali meluncurkan dua kendaraan lainnya, yakni Subaru Crosstrack dan Subaru BRZ, mobil sedan dengan performa tinggi. Kini Subaru memiliki lima lini produk yang dijual di pasar Indonesia, melalui model WRX dan Outback yang diluncurkan di pameran mobil GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. (*)