JAKARTA— Menyaksikan konten video yang ada di YouTube menjadi salah satu hiburan tersendiri yang banyak dilakukan setiap orang dalam masa pandemi sekarang ini. Menurut Muriel Makarim (Product Marketing Manager, Large Advertiser Agency Google Indonesia), ada beberapa jenis konten yang mengalami jumlah kenaikan penonton signifikan dalam beberapa bulan terakhir.
“Kami lihat ada konten yang hubungannya dengan otomotif. Jadi seperti auto exhibition. Konten ini tumbuh sampai dua kali lipat. Mungkin asumsi yang bisa kami tarik dari hal ini adalah dengan adanya Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) orang yang biasa bisa ke dealer untuk test drive sekarang sudah tidak bisa atau susah,” katanya dalam diskusi virtual, Selasa 13 Oktober 2020 seperti dikutip Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara.
Ia menyebut konten yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan juga mengalami penambahan jumlah penonton yang signifikan. “Itu pertumbuhannya lebih dari 80 persen. Cukup menarik, dan itu berarti orang Indonesia selalu mau belajar. Dalam hal ini ada hubungannya dengan bisnis, mungkin bagaimana cara membangun bisnis baru, hubungan dengan sejarah, ilmu hukum, atau ilmu pengetahuan,” katanya.
Konten yang berkaitan dengan memasak, menurut dia, juga menjadi pilihan favorit dari para penonton di YouTube. Kegiatan memasak juga bisa menjadi alternatif berkegiatan terutama di masa pandemi sekarang ini. “Itu terutama untuk orang tua yang di rumah yang mungkin lagi cari kesibukan sama anaknya ini banyak resep menarik,” katanya.
Yang juga menarik adalah konten yang berkaitan dengan game yang juga masih menjadi favorit di YouTube dalam beberapa tahun terakhir. “Gaming itu udah dari tahun lalu sangat besar di YouTube. Misalnya multiplayer online battle arena seperti Player Unknown Battlegrounds (PUBG), Mobile Legend, bahkan sekarang ada istilah baru “mabar” (main bareng),” kata Muriel.
Film (movie) juga mengalami peningkatan jumlah pencarian yang paling dicari oleh penonton YouTube saat ini. “Ini menunjukkan bahwa orang Indonesia tertarik dengan film online naik. Di sini ada empat statistik di mana growth dari kata kunci movies meningkat hampir 90 persen. Itu tinggi sekali hampir dua kali lipat. Terus kata kunci online movie itu meningkat, dan streaming,” katanya. (*)