JAKARTA— Tahun 2020 adalah saat yang berat bagi industri otomotif Tanah Air. Ini tampak dari penjualan mobil yang hanya mencapai 532.027 unit. Angka ini turun 48,35 persen dibandingkan tahun 2019 sebelumnya yang mencapai 1.030.126 unit. Meski berat, namun PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil mempertahankan gelar pabrikan mobil terlaris di Tanah Air.
Brand asal Jepang ini mampu mencatatkan total penjualan ritel mencapai 182.665 unit dengan market share sekitar 31 persen. President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda menyebut meski tahun lalu terbilang menantang, namun pihaknya tidak pernah berhenti memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia. “Kami bersyukur upaya kami dalam mendukung mobilitas mendapat sambutan baik dari pelanggan dan masyarakat luas. Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Ke depan, kami akan terus berupaya untuk menciptakan mobility happiness for all,” papar Matsuda dalam pernyataannya seprti dikutip Pikiran Rakyat belum lama ini.
Pada tiga bulan pertama 2020, Toyota membukukan penjualan ritel (dealer ke konsumen) 66.599 unit. Sejalan dengan mulai mewabahnya pandemi, di kuartal kedua penjualan ritel Toyota mengalami penurunan cukup signifikan menjadi 26.366 unit, atau 60,4 persen lebih rendah dari angka di kuartal pertama). Sedangkan di kuartal ketiga, Toyota bangkit dengan membukukan penjualan ritel sebesar 35.111 unit, atau naik 33,2 persen dibandingkan kuartal kedua. Bahkan di kuartal keempat, penjualan ritel Toyota meningkat secara signifikan menjadi 54.589 unit, atau 55,5 persen lebih tinggi dari kuartal ketiga.
Segmen mobil penumpang serbaguna (multipurpose vehicle, MPV) menyumbang penjualan hingga 105.274 unit bagi Toyota tahun 2020 yang lalu. Angka ini berkat kontribusi Avanza-Veloz yang terjual 40.728 tahun lalu. Sementara Kijang Innova juga turut menopang segmen MPV Toyota dengan berkontribusi sebesar 28,5 persen atau 29.952 unit di sepanjang tahun 2020. Kontributor penjualan ritel Toyota terbesar kedua sepanjang kurun waktu 2020 adalah segmen SUV dengan penjualan 47.995 unit atau berkontribusi sebesar 26,8 persen dari total penjualan ritel Toyota.
Toyota Rush yang berada di segmen medium MPV menjadi kontributor terbesar di segmen sport utility vehicle (SUV) Toyota dengan mencatatkan angka penjualan ritel sebesar 34.528 unit atau 71,9 persen dari segmen SUV Toyota. (*)