Berita Berita APM Economy & Industry

Memasuk 2022 Suzuki Incar 11,6 Persen Pangsa Pasar Mobil Domestik

JAKARTA— PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meningkatkan kinerjanya di sektor otomotif pada tahun 2022. Sukma Dewi (Asst To 4W Sales Department Head SIS) mengatakan Suzuki menargetkan pangsa pasar (market share) mobil sebesar 11,6 persen dari total pangsa pasar industri otomotif Indonesia.

Maka dari itu, Suzuki menggencarkan berbagai penerapan strategi untuk menstimulus penjualan mobil di tahun ini. Di antaranya adalah program penjualan Suzuki Bonus Suzuki yang berlangsung di awal tahun ini dan kampanye test drive kepada para konsumen. “Kami juga meningkatkan kerja sama dengan perusahaan leasing dan program promosi regional,” kata Sukma Dewi, Kamis 13 Januari 2022 seperti dikutip KONTAN.

Pada tahun 2021 yang lalu, penjualan mobil Suzuki meningkat secara tahunan baik di kategori whole sales (dari pabrik atau distributor ke dealer) maupun retail (dari dealer ke konsumen). Peningkatan penjualan whole sales Suzuki tercatat sebesar 39 persen, sedangkan penjualan retail naik 24 persen di tahun lalu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), whole sales Suzuki di periode Januari hingga Desember 2021 mencapai 91.973 unit, dengan pangsa pasar 10,3 persen. Sementara itu, penjualan retail Suzuki di periode yang sama mencapai 89.956 unit, dengan pangsa pasar 10,4 persen.

Sukma Dewi mengatakan, model mobil dengan kontribusi penjualan tertinggi bagi Suzuki adalah New Carry Pick Up. “Model ini sangat diterima oleh konsumen Indonesia baik dari sisi kualitas, harga, maupun fungsi,” kata dia. (*)