BISNIS— PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menilai pasar otomotif akan menemui sejumlah tantangan mulai dari kondisi ekonomi makro hingga Pemilu 2024. Meski begitu, Director of Sales and Marketing PT MMKSI Tetsuhiro Tsuchida mengatakan Mitsubishi masih optimistis untuk meningkatkan penjualan pada 2024.
Pemantauan akan perkembangan tren otomotif pun bakal gencar dilakukan dalam menyusun strategi penjualan. Beberapa hal yang dapat mengoptimalkan penjualan adalah kehadiran produk yang dapat diterima pasar, serta pelayanan terbaik dari sisi penjualan maupun prapenjualan atau after-sales.
Menurutnya, peluncuran produk baru seperti Xforce akan memberikan dampak positif bagi penjualan mobil penumpang dari Mitsubishi Motors. Mitsubishi juga berupaya mencari peluang dan kesempatan guna mengoptimalkan angka penjualan. “Selain itu, kami juga telah mempersiapkan strategi yang komprehensif untuk bisa meraih potensi pasar secara optimal, baik dari sisi produk, pelayanan, maupun program-program penjualan dan purnajual,” katanya di Jakarta beberapa pekan yang lalu.
Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan Mitsubishi secara whole sales mencapai 71.086 unit sepanjang Januari-November 2023, turun 19,4 persen dibanding periode sama tahun lalu sebanyak 88.239 unit.
Sementara penjualan retail menembus angka 75.053 unit pada 11 bulan pertama 2023, turun 16,5 persen secara year-on-year (YoY) dari 89.867 unit. “Prediksi kami, tahun 2024 akan menjadi tahun yang cukup menantang. Namun, kami tetap optimistis untuk bisa memperoleh penjualan seoptimal mungkin,” tuturnya. (*)