Berita Economy & Industry

Nissan, Maserati, Rolls-Royce Punya Logo Baru,

TOKYO— Produsen mobil asal Jepang Nissan baru saja mengubah strategi produk. Nissan lebih serius untuk menggarap pasar mobil listrik. Selain memperkenalkan electric vehicle (EV) bernama Ariya, sekaligus memperkenalkan logo barunya. Portal otomotif Car and Driver menampilkan logo baru ini yang konon sudah mulai dikembangkan sejak 2017. Logo baru ini sendiri terlihat lebih minimalis yang hanya menggunakan garis melingkar dan tulisan yang dibalut dengan warna hitam.

Lewat desain ini, Nissan sengaja ingin menghadirkan logo yang merepresentasikan karakter yang tipis, ringan dan fleksibel. Mungkin, ini juga menjadi filosofi produk EV Nissan yang gesit, efisien dan fungsional. Logo baru ini hadir secara digital-friendly. Nissan ingin logo yang terapasang di bagian depan mobil ini hadir dengan iluminasi yang diterangi oleh 20 lampu LED sehingga membuat produk Nissan terlihat kian futuristik.

Dengan pengenalan logo baru ini, artinya Nissan telah empat kali melakukan ubahan logo di sepanjang usianya. Rencananya, logo ini nantinya akan disematkan pada seluruh produk terbaru dari Nissan.  Saat ini, Nissan Ariya merupakan produk pertama yang sudah menerapkan logo tersebut. Produk ini sendiri telah resmi diluncurkan lewat Nissan Ariya Digital World Premiere Juli 2020 lalu.

Sebagai sebuah crossover, mobil listrik ini didesain untuk mampu melintas dengan mudah dalam segala medan. Hal itu pun dapat dicapai berkat penerapan sistem all wheel drive dan sistem traction control cerdas yang dapat menyesuaikan dengan kondisi permukaan jalan. Soal tampilan, mobil ini pun ditunjang dengan desain futuristik dan sejumlah bahasa desain khas Nissan. Mobil yang dipasarkan dengan harga sekitar 40 ribu dolar Amerika Serikat (AS) ini pun hadir dengan sejumlah fitur mutakhir.

Sejumlah fitur mutakhir itu diantaranya adalah fitur otonom terbaru dan fitur voice comand yang semakin memudahkan pengendara. Selain itu, Nissan Ariya pun hadir dengan konektivitas mutakhir.

Gagasan logo baru Nissan datang dari Senior Vice  President of Global Design Nissan Alfonso Albaisa. Desain baru logo Nissan didasari pada tiga kata, yaitu tipis, ringan, dan fleksibel. Logo baru Nissan menunjukkan orientasi ke masa depan tetapi tetap terhubung dengan warisan Nissan dan tradisi inovasi.

Di logo barunya, nama Nissan tetap berada di tengah dengan dikelilingi lingkaran yang  tampak lebih tipis. Efek keseluruhan dari perancangan logo Nissan adalah transisi dari nuansa industri yang kaku ke tampilan yang mulus, familiar, dan ramah digital. Ini menandakan evolusi Nissan tidak hanya sebagai produsen kendaraan konvensional, tapi juga sebagai penyedia layanan mobilitas.

Maserati dan Rolls-Royce

Maserati memamerkan logo barunya di mobil super MC20 yang rilis 9 September silam. Maserati memang serius memulai era barunya dengan MC20, yang juga meliputi pembaruan logo Trident dan gaya penulisan Maserati. Logo Trident Maserati tak lagi berawarna merah, melainkan biru. 

Dengan ini, logo Maserati hanya bermain di dua tone warna, yaitu putih dan warna yang disebut biru Maserati. Logo baru ini digambarkan sebagai lebih modern, seimbang, dan elegan. Tulisan ‘Maserati’ di bagian belakang MC20 juga tampak lebih sederhana tapi menonjolkan  ketegasan. Gaya tulisan ini akan diaplikasikan pada semua mobil Maserati yang akan datang.

Rolls-Royce tak lagi melihat identitas perusahaan mereka sebagai produsen mobil semata, melainkan sebagai “rumah kemewahan”. Desain ulang logo Rolls-Royce pun dilakukan agar lebih sesuai dengan identitas baru mereka. Alasan lainnya adalah Rolls-Royce ingin punya daya tarik lebih besar bagi pelanggan muda.

Pasalnya, rata-rata usia pembeli Rolls-Royce saat ini adalah 43 tahun, dibandingkan rata-rata usia pembeli sebelumnya yang adalah pertengahan 50 tahun. Figur perempuan ‘Spirit of Ecstasy’ menjadi salah satu kunci rebranding Rolls-Royce. Figur ini disimplifikasi dan akan selalu tampil menghadap ke depan yang mengindikasikan menatap masa depan.

Rolls-Royce juga kini mengadopsi warna baru yang disebut Purple Spirit dengan warna emas  mawar metalik. Kedua warna ini dipercaya  mengomunikasikan kesan royal dan umur panjang. Nama Rolls-Royce ditulis dengan font baru, yaitu Riviera Nights. Huruf-hurufnya kini punya tepi lebih miring dengan lebih menonjolkan huruf ‘R’ pada Rolls-Royce. (Republika, IDN Times)