Berita

Pasar Low SUV Berpeluang Bertahan

JAKARTA— Walau tren penjualan mobil segmen low sport utility vehicle (SUV) turun, agen pemegang merek (APM) tetap merilis produk baru. Pangsa pasar mobil berkapasitas tujuh penumpang ini dirasa masih cukup diminati konsumen di Indonesia.

Data pada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) periode Januari-Oktober 2017 menunjukkan, penjualan mobil segmen low SUV mencapai 79.069 unit. Angka itu turun sekitar 21,1 pesen dibanding periode yang sama 2016 (100.222 unit).

Beberapa APM yang memperkenalkan mobil low SUV tipe barunya tersebut adalah PT Toyota-Astra Motor (TAM) melalui facelift All New Rush. Serta PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan All New Terios. Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur Toyota-Astra Motor, mengatakan, produk baru yang dirilis ini diharapkan mampu semakin mendongkrak penjualan. “Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2006 lalu Rush sudah terjual sebanyak 250 ribu lebih,” kata Nakata seperti dikutip Kontan pada Kamis, 23 November 2017.

Dengan perubahan eksteriordan interior, All New Rush diharapkan makin meningkatkan kenyamanan konsumen. Dengan model baru ini Toyota-Astra Motor tidak akan mengubah performa dan karakter tangguh dari tipikal mobil SUV.

Harga Rush yang baru ini lebih mahal sekitar Rp 3 juta dibanding model yang sudah beredar saat ini. Penetapan harga ini masih menunggu aturan perpajakan yang baru. Rush berkontribusi lima persen dari total penjualan produk Toyota. Diharapkan tahun depan bisa meningkat menjadi sembilan persen dari total penjualan.

Kecilnya kontribusi penjualan mobil model low SUV ini diakui Amelia Tjandra, Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor. Kontribusi penjualan Terios masih di posisi keempat, dibawah Sigra, Gran Max, Ayla. Dengan perbaikan dari sisi eksterior, interior, hingga mesin, penjualan mobil segmen low SUV ini diharapkan dapat mencapai 2.000 unit per bulan. “Sehingga bisa sama seperti 2013 lalu,” kata Amelia.

Sebagai pembanding, harga Terios tipe terendah yang ada sekarang sekitar Rp 195,2 juta. Terios model baru akan dibanderol lebih mahal sekitar Rp 3 juta sampai Rp 4 juta.

Dengan diluncurkannya dua model mobil segmen L-SUV dari grup Astra ini, diharapkan akan semakin meningkatkan pasar SUV di Indonesia. Soichiro Okudaira, Presiden sdan Direktur Daihatsu Motor Co. Ltd menjelaskan secara global baik Rush dan Terios sudah terjual 450.000 unit sejak tahun 2007. Menurutnya pasar Indonesia jadi salah satu target utama Daihatsu selain di Jepang dan Malaysia.

Dalam 10 tahun terakhir pasar mobil segmen SUV diklaim terus menunjukkan kenaikan. Bila tahun 2006 kontribusi penjualan mobil SUV hanya dua persen, tahun lalu sudah mencapai 11 pesen dari total pasar nasional. (*)