Berita Economy & Industry

Pelumas Mobil Pertamina Fastron Go Internasional di 14 Negara

JAKARTA— PT Pertamina Lubricants, anak usaha BUMN migas PT Pertamina (Persero), gencar berekspansi dan memasarkan produknya di pasar international. Dengan produk pelumas mobil Fastron, Pertamina  merambah pasar 14 negara di Asia, Afrika, dan Australia. Gebrakan Pertamina Lubricants ini dimulai tujuh tahun lalu ketika pada 2014 mengakuisisi produsen pelumas di Bangkok yang sekarang bernama Pertamina Lubricants Thailand Co Ltd.

Direktur Utama Pertamina Lubricants Ageng Giriyono dalam pernyataan resmi dikutip ANTARA pada Kamis 19 Agustus 2021 mengatakan, sejak akuisisi tersebut Pertamina Lubricants Thailand digunakan sebagai salah satu ujung tombak dalam mengembangkan pasar dan memperluas cakupan pemasaran pelumas Pertamina, khususnya di Asia dan Indochina. “Akuisisi ini merupakan tonggak Pertamina Lubricants menuju produsen pelumas kelas dunia dengan memperkuat posisi Pertamina Lubricants di Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan Laos, serta Thailand. Pada tahun 2018 Pertamina Lubricants memiliki kantor perwakilan resmi di Sydney Australia,” kata Ageng.

Kini pelumas karya anak bangsa yang merupakan produk unggulan Pertamina Lubricants yakni Fastron, sudah eksis dan dipasarkan di 14 negara di benua Asia, Afrika, dan Australia. Pertamina Lubricants juga telah memiliki distributor pelumas di 12 negara di Asia, dua distributor Afrika yakni di Afrika Selatan dan Nigeria, serta satu distributor dan dua sub-distributor di Australia.

Pelumas Fastron juga dipercaya bagi pabrikan mobil internasional. Sejak tahun 2020 dan hingga 2021, Pertamina Lubricants menjadi technical partner dari pabrikan mobil super asal Italia yakni Lamborghini dalam ajang balap bergengsi GT3 dan Super Trofeo Championship. Prestasi ini memperkuat eksistensi dan kualitas pelumas Pertamina yang dapat diandalkan dalam kancah olahraga balap internasional.

“Sebagai technical partner, kami menyediakan Fastron Platinum Racing bagi tim Lamborghini Squadra Corse. Sekali lagi ini membuktikan bahwa PTPL siap dan mampu memproduksi berbagai varian pelumas berkualitas untuk penggunaan sehari-hari maupun untuk diformulasi khusus bagi pasar olahraga balap,” katanya.

Ageng optimistis dan terus berkomitmen melakukan pengembangan bagi dari segi ekspansi bisnis, serta dari segi pengembangan kualitas pelumas Pertamina. “Kami akan terus menguatkan pertumbuhan bisnis pelumas baik di dalam maupun luar negeri, ini sejalan dari Program Go Retail dan Go Expansion pada Sub Holding Commercial & Trading sebagai induk perusahaan Pertamina Lubricants. Komitmen Pertamina Lubricants adalah memberikan produk dan layanan terdepan bagi konsumen-konsumen kami,” kata Ageng. (*)