Berita Berita APM Economy & Industry

Penjualan di Masa PSBB, Market Share Domestik Daihatsu Naik

JAKARTA— Pandemi yang cepat meluas secara global termasuk di Indonesia, serta penerapan aturan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk meminimalkan penyebaran wabah membuat penjualan mobil tak mudah. Itu pula yang dialami Daihatsu. Meski begitu, Daihatsu mengklaim bahwa penjualan selama empat bulan 2020 naik dalam hal pangsa pasar (market share) diantara para produsen dan distributor lainnya di pasar mobil domestik.

Secara total penjualan sejak Januari  hingga April 2020, retail sales Daihatsu mencapai 44.346 unit. Kenaikan pangsa pasarnya menjadi 18,2 persen dari volume retail sales nasional 243.634 unit. Untuk whole sales, Daihatsu mencatat 49.443 unit dengan pangsa pasar naik menjadi 20,2 persen dari volume whole sales nasional 244.762 unit.

Di dalam penjualan retail sales Daihatsu selama empat bulanan dari Januari hingga April, model Sigra tampil mendominasi dengan raihan 12.868 unit, kontribusi sebesar 29 persen. Ia diikuti oleh Gran Max Pick-up dengan angka penjualan 8.805 unit (19,9 persen), dan Terios 7.131 unit (16,1 persen). Selanjutnya, Ayla menyusul dengan angka mencapai 5.332 unit (12,0 persen), Xenia 5.092 unit (11,5 persen), dan Gran Max Minibus 3.911 unit (8,8 persen). Untuk model Daihatsu lainnya, yakni Luxio dan Sirion, angkanya mencapai 1.207 unit (2,7 persen).

Sampai dengan saat ini, Daihatsu terus menerapkan peraturan pemerintah tentang PSBB dengan menghentikan produksi sementara di pabrik. Dalam hal pelayanan, outlet dan bengkel resmi di Jakarta dan wilayah yang menerapkan PSBB juga memberhentikan sementara operasionalnya. Pelanggan dapat tetap mengakses layanan Daihatsu via online melalui www.astra-daihatsu.id dan aplikasi Astra Daihatsu Mobile.

“Kami prihatin dengan kondisi pasar yang saat ini mengalami penurunan secara drastis akibat wabah Covid-19. Kami berharap kondisi ekonomi Indonesia ini dapat segera pulih dan pasar otomotif dapat bangkit dan berkembang kembali,” kata Amelia Tjandra Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor ADM). (*)