Berita Economy & Industry

Penjualan Sedan Terus Melaju Meski Pangsa Pasarnya Mini

KONTAN— Pasar mobil jenis sedan di Indonesia cukup kecil dibanding jenis lain, terutama  model serbaguna (multipurpose vehicle, MPV) dan sport utility vehicle (SUV). Padahal pertumbuhan penjualan mobil di segmen sedan tergolong signifikan selama 2023 berjalan.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan whole sales (pabrik ke dealer) sedan nasional tumbuh 36 persen year on year (yoy) menjadi 7.405 unit pada Januari-September 2023. Pada periode yang sama, penjualan retail (dealer ke konsumen) sedan nasional naik 16 persen yoy menjadi 6.978 unit.

Pangsa pasar sedan di Indonesia tergolong kecil, yakni hanya satu persen untuk kategori whole sales dan 0,9 persen untuk kategori retail sales per kuartal ketiga 2023. Jumlah agen pemegang merek (APM) otomotif yang mencatatkan penjualan sedan bisa dihitung. Sebagian besar adalah pabrikan Eropa seperti BMW dan Mercedes-Benz, kemudian ada Audi dan Morris-Garage. Beberapa merek Jepang juga meramaikan pasar sedan nasional meski porsinya tidak signifikan seperti Toyota, Honda, Lexus, Mazda, dan Subaru.

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menjadi salah satu APM yang gencar menjual sedan. Secara keseluruhan, penjualan wholesales MBDI naik 13,4 persen yoy menjadi 2.587 unit per kuartal ketiga 2023. MBDI juga meraih kenaikan penjualan retail 13 persen yoy menjadi 2.526 unit. Kontribusi sedan terhadap total penjualan MBDI mencapai di atas 40 persen.

Sales & Marketing Mercedes-Benz Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto menilai, sedan memiliki kelasnya tersendiri yang membuat penjualan produk tersebut selalu tumbuh. Sedan merupakan model yang mengandalkan aerodinamika dan relatif efisien dari segi konsumsi bahan bakar. Selain itu, sedan juga memberikan kesan elegan dan eksklusif bagi para pemiliknya. “Beberapa model sedan yang menjadi andalan Mercedes-Benz adalah C-Class, E-Class, dan S-Class,” katanya, Senin 6 November 2023.

Kariyanto percaya, sedan masih memiliki prospek yang menjanjikan pada tahun-tahun mendatang. Mercedes-Benz pun fokus pada aspek kualitas dan mengedepankan best customer experience kepada para konsumen demi memenangkan persaingan pasar sedan.

PT Honda Prospect Motor (HPM) juga memiliki beberapa model sedan seperti Honda Civic, City, dan Accord.

Yusak Billy (Sales Marketing and After Sales Director HPM) menyebut, hingga kuartal ketiga 2023 model sedan yang paling laris adalah Honda Civic dengan capaian penjualan retail 700 unit. Honda Civic merupakan sedan legendaris Honda yang telah eksis lebih dari 50 tahun.

Selain menawarkan pengalaman berkedara yang menyenangkan, Honda Civic didukung oleh mesin yang lebih bertenaga dan beragam fitur menarik.

Honda mengakui, sebagian besar konsumen lebih berminat pada MPV atau SUV ketimbang sedan. Konsumen sedan kebanyakan adalah masyarakat sosial ekonomi menengah ke atas yang daya belinya relatif terjaga dan cukup loyal terhadap produk tersebut. Wajar apabila penjualan sedan di Indonesia terus tumbuh. “Saat ini sedan memang sangat segmentif, namun memiliki konsumen yang loyal,” kata Billy.

Untuk memperkuat penjualan sedannya, HPM telah merilis varian baru New Honda City yang tampil lebih stylish dan telah disematkan fitur keselamatan Honda Sensing. (*)