Berita Economy & Industry

Platform Online bakal Menjadi Andalan Pabrikan Berjualan Mobil

 JAKARTA— Membelian mobil secara online dipandang orang kian menjadi tren umum di masa mendatang. Saat ini orang membeli mobil lewat online masih sangat kecil. Tapi konsumen kian memanfaatkan platform online untuk mencari informasi sehingga datang ke dealer dengan keputusan bulat membeli unit yang diiinginkan.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan membeli mobil lewat online sangat prospektif di masa mendatang karena konsumen ingin makin praktis. Website resmi Toyota rata-rata mendata sekitar 3.000 calon konsumen yang mendaftar dan ingin dikontak untuk melakukan pembelian.

“Sangat prospektif ke depan karena dari laman Toyota misalnya pengunjung jutaan, sekitar 3.000 mendaftar dan ingin dikontak, cukup banyak karena Toyota memasarkan hampir 3.000 unit per bulan. Tinggal kecepatan untuk follow up ke mereka,” katanya seperti dikutip Bisnis baru-baru ini.

Anton menjelaskan kondisi saat ini sudah berbeda dengan 10 tahun lalu. Sekarang konsumen sudah bisa mendapatkan informasi real time. Survei oleh Toyota menunjukkan sekitar 60 persen konsumen mencari produk secara online baik melalui berita ataupun video sehingga ketika ke dealer sudah dalam tahap memutuskan membeli unit yang diincar.

Karakter pembelian seperti itu tak hanya terjadi di kota besar seperti Jakarta, Surabaya atau lainnya, melainkan juga di daerah. Di beberapa dealer di Jakarta, terdapat agen penjualan yang memasarkan kendaraan tanpa bertatap muka alias semua dilakukan secara online dan hanya bertatap muka ketika melakukan penandatanganan pembelian.

“Beberapa cabang di Jakarta penjualan melalui salesman sudah digital misalnya dia menjual lima, sekitar dua sampai tiga unit dilakukan secara online termasuk menggunakan aplikasi media sosial, diskusi dan ketika deal baru datang ke dealer,” katanya.

Toyota dan Astra Grup termasuk salah satu merek yang agresif memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produk. Toyota dan Auto2000 telah mengembangkan chatbox yang memudahkan konsumen mendapatkan beragam informasi produk kendaraan secara cepat di laman resmi dan aplikasi chat.

Grup Astra juga memiliki marketplace seva.id yang memasarkan kendaraan secara online. Marketplace ini memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, melakukan tukar tambah hingga jasa keuangan dan asuransi.

Sedikit berbeda, PT Andalan Crisdeco salah satu dealer utama Chevrolet memanfaatkan marketplace untuk memasarkan produk Chevrolet. Keuntungan konsumen yang melakukan pembelian secara daring melalui wadah e-commerce ialah mendapatkan tambahan potongan harga yang ditawarkan oleh marketplace.

“Kami masuk ke beberapa marketplace seperti Blibli, Bukalapak, Tokopedia karena mereka juga menawarkan bergaram program penjualan. Program mereka berubah-ubah dan mereka juga ingin mengajarkan konsumen membeli secara online,” kata Damianus Darto, Branch Manager PT Andalan Crisdeco. (*)