JAKARTA— Sejumlah agen pemegang merek (APM) otomotif cukup rajin merilis dan memperkenalkan produk mobil baru di pasar guna meningkatkan penjualannya pada 2023. Salah satu APM yang hendak merilis model baru dalam waktu dekat adalah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Belum lama ini, akun resmi Instagram Suzuki merilis teaser peluncuran model baru yang rencananya akan dilakukan pada 15 Juni mendatang.
Dalam teaser tersebut, terdapat tulisan “Ready for the new energy?” yang memancing rasa penasaran publik. Banyak rumor yang beredar bahwa model baru Suzuki nantinya adalah XL7 Hybrid. Public Relations Head Suzuki Indomobil Sales Zulfikar Rafi Al-Ghanny tak menjelaskan secara gamblang kepastian nama model baru Suzuki tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa Suzuki akan meluncurkan SUV 7 Seater baru dalam beberapa hari ke depan. “Silakan ditunggu pada hari tersebut untuk mengetahui tampilan dan informasi lebih lanjut,” kata dia, Senin 12 Juni 2023, seperi dikutip KONTAN.
Sebelumnya, Suzuki memperkenalkan model Grand Vitara sekitar awal 2023. Grand Vitara sudah mulai didistribusikan perdana kepada konsumen pada 3 Juni 2023 sebanyak lebih dari 230 unit dan masih akan bertambah dalam beberapa waktu mendatang. Sejauh ini, jumlah unit Grand Vitara yang dijual dapat mengakomodasi permintaan konsumen di Indonesia. “Sehingga, kami dapat menghindari inden,” kata Ghanny.
PT Toyota Astra Motor (TAM) juga telah meluncurkan beberapa produk baru sejak awal tahun 2023. Mulai dari All-New Corolla Cross GR Sport Hybrid, All-New Agya dan All-New Agya GR Sport, RAV4 GR Sport PHEV, hingga All-New Yaris Cross Hybrid. Marketing Director Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, model anyar RAV4 GR Sport PHEV dan All-New Yaris Cross Hybrid baru diperkenalkan saja oleh Toyota, alias belum dijual secara resmi. Namun Toyota memastikan kedua model tadi akan segera hadir di pasaran tak lama lagi.
Penjualan All-New Corolla Cross GR Sport Hybrid diklaim cukup memuaskan sejak diluncurkan. Secara wholesales, model ini terjual sebanyak 194 unit atau menyumbang 31 persen dari total penjualan Corolla Cross Hybrid sebanyak 619 unit sepanjang Januari hingga Mei 2023. Toyota juga mencatatkan penjualan All-New Agya dan All-New Agya GR Sport sebanyak 7.271 unit secara wholesales sejak Maret sampai Mei 2023. Dari jumlah tersebut, All-New Agya GR Sport memiliki porsi penjualan 18 persen dari seluruh penjualan varian baru Agya Toyota. “Kami terus mengusahakan ketersediaan unit agar waktu tunggu atau inden bisa diminimalkan,” kata Anton.
Toyota menyebut bahwa pengurangan emisi karbon menjadi misi yang harus dicapai pelaku usaha otomotif nasional. Tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk membuat mesin-mesin bertenaga non-listrik yang kini makin ramah lingkungan dan fun to drive. Dengan begitu, semua orang bisa ikut berkontribusi mengurangi emisi karbon dalam menjalani mobilitasnya menggunakan seluruh produk Toyota, baik dengan mobil bermesin bensin ataupun listrik.
PT Honda Prospect Motor (HPM) melakukan penyegaran produk melalui peluncuran Honda WR-V transmisi manual dan varian baru New Honda Brio. WR-V bertransmisi manual untuk menjawab permintaan konsumen yang butuh mobil yang mudah dikendarai di luar Pulau Jawa yang notabene memiliki bentang alam bervariasi. Sementara, New Honda Brio kini tampil makin stylish dan sporty sehingga cocok bagi para konsumen milenial. “Hasil penjualan kedua model tersebut masih sesuai dengan target kami,” kata Billy.
Honda berpeluang melakukan penyegaran lagi pada model lainnya dengan mempertimbangkan kondisi pasar dan permintaan dari konsumen. Tak ketinggalan, walau belum dibeberkan secara detail, Honda memastikan akan segera merilis dua model hybrid baru di Indonesia pada tahun ini.
Pabrikan asal China, Wuling Motors, juga sempat merilis model baru Wuling Alvez yang termasuk dalam segmen Compact SUV (sport utility vehicle). Sejak diluncurkan hingga bulan Mei 2023, model ini telah terjual secara wholesales sebanyak lebih dari 2.700 unit. “Wuling Alves mendapat sambutan hangat di tengah persaingan segmen compact SUV,” kata Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani.
Dia menilai, meski era mobil listrik sedang berlangsung, Wuling masih membuka peluang untuk merilis model baru yang menggunakan mesin bakar (internal combustion engine, ICE) pada masa mendatang demi memenuhi permintaan konsumen. Wuling mencatat bahwa permintaan konsumen terhadap mobil dengan bahan bakar fosil faktanya masih mendominasi pasar otomotif.
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menganggap kehadiran sejumlah model kendaraan baru akan semakin menambah pilihan konsumen di pasar otomotif nasional, sehingga diharapkan penjualan mobil nasional akan terus meningkat.
Gaikindo pun merevisi target penjualan mobil nasional pada 2023 dari sebelumnya 975 ribu unit menjadi 1.050.000 unit. “Kami semua berharap agar angka tersebut dapat tercapai,” kata Ketua I GAIKINDO Jongkie Sugiarto. (*)