Berita Economy & Industry

Produsen Ban dari Korea Hankook Fokus Menjual Jenis High Inch di Tahun 2020

JAKARTA— PT Hankook Tire Sales Indonesia, produsen ban mobil asal Korea Selatan (Korsel), memaparkan rencana bisnis perusahaan di tahun 2020. Mereka juga memperkenalkan jajaran manajemen baru yang akan memimpin bisnis Hankook di kawasan Asia-Pasifik, Afrika, dan Timur-Tengah, atau disebut Asia-Pacific, Africa, and Middle East (APAM). Yoonsoo Shin terpilih menjadi pemimpin dalam pemasaran Hankook di Indonesia.

Ia mengatakan bahwa di tahun 2020 ini perusahaanya akan fokus pada pemenuhan pasar domestik di Indonesia. “Kami menargetkan porsi persentase penjualan domestik menjadi double digit dari keseluruhan pangsa penjualan. Target ini meningkat di mana tahun lalu sebanyak delapan persen tersalur untuk pasar domestik,” katanya seperti dikutip SWA.

Adapun tiga langkah utama yang akan dilakukan perusahaan di antaranya pertama, fokus pada segmen ban high-inch. Kedua, melakukan perluasan jaringan distributor retail. Ketiga, meluncurkan produk baru untuk mobil jenis sport utility vehicle (SUV).   

Sepanjang tahun 2019, penjualan Hankook dipasar domestik meningkat lebih dari 20 persen dibanding penjualan tahun lalu. “Pada 2020, kami akan memperbanyak retail di berbagai kota. Hal ini diharapkan dapat terus mengenalkan merek Hangkook di kota-kota kecil Indonesia,” katanya.

Hankook meningkatkan jaringan distributor yang merupakan ujung tombak penjualan secara ritel. Di 2019, industri ban disebut-sebut mengalami stagnasi penjualan, khususnya di pasar domestik yang berimbas dari penjualan industri otomotif. 

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menyebutkan bahwa penjualan wholesales mobil per November 2019 sebanyak 940,362 unit, cukup ketat untuk mengejar penjualan wholesales sepanjang tahun 2018 yang mencapai 1,151,308 unit. Daya beli masyarakat yang tengah lesu serta harga pasaran mobil yang cukup tinggi menjadi penyebab menurunnya permintaan terhadap mobil. 

“Kondisi ini tidak terlalu berpengaruh kepada kami. Karena kami mengandalkan lini replacement equipment atau komponen pengganti di Indonesia di tahun 2019. Hal inilah yang menyebabkan kami bertahan dengan memasok produk ke distributor-distributor untuk konsumen retail,” katanya.

Sampai akhir tahun 2019, Hankook telah bermitra dengan 25 distributor resmi yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia, dari Sumatera, Jabodetabek, Jawa, Kalimantan, Bali, Sulawesi, hingga Papua. Jaringan ini ditargetkan akan terus meningkat di tahun 2020.

Cara lain yang akan dilakukan perusahaan untuk tumbuh di tahun 2020 adalah dengan melakukan penjualan prioritas di segmen ban high inch. Produk ini diyakini cocok untuk tipe kendaraan SUV, off-road, dan kendaraan komersial seperti bus dan truk. Ketersediaan ban di kategori kendaraan ini belum sebanyak ban berdiameter kecil yang umumnya diperuntukkan bagi mobil penumpang jenis serbaguna (multi-purpose vehicle, MPV) dan mobil bermesin kecil (low cost green car, LCGC).  

“Ban high inch akan menjadi salah satu produk unggulan kami di pasar dalam negeri. Karena kami melihat, saat ini pemerintah Indonesia sedang sangat gencar melakukan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Sehingga, mobilitas kendaraan pendukung juga perlu diperhatikan salah satunya lewat penggunaan ban yang sesuai dengan kondisi jalan, beban muatan, dan lokasi,” katanya. (*)