JAKARTA— Mirka Ruliyanti, seorang konsumen Daihatsu asal Jakarta, terpilih sebagai pemenang program Daihatsu Setia. Ia mendapat hadiah liburan jalan-jalan ke Jepang, semuanya ditanggung PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Hadiah tersebut ia peroleh berkat kesetiannya menggunakan Daihatsu selama 40 tahun.
Mirka merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara. Sejak kecil ia dekat dengan Daihatsu. Kenangan akan ibunya selalu diasosiasikan dengan kehadiran Daihatsu yang selalu mengantar jemput ia bersama kedua kakak laki-lakinya. Bukti pembelian Daihatsu pertama keluarga Mirka masih tersimpan baik sampai sekarang— sebuah Daihatsu Hijet 55 sebesar Rp 1,8 juta kala itu. Mobil inilah yang menemani kehidupan sehari-hari keluarga Mirka.
Lama memakai Hijet, almarhum ibunya lalu mengganti dengan Zebra agar merasa lebih nyaman. Saat Mirka dan kedua kakak lelakinya beranjak dewasa, mobil Zebra diganti dengan Xenia. Seperti halnya Hijet, Zebra yang handal ini juga lama mendampingi kehidupan mereka. Namun mobil ini dijual setelah kakak-kakaknya berumah tangga.
Untuk mengenang kecintaan almarhum ibunya kepada Daihatsu, Mirka beralih ke Sirion. City car itulah yang sekarang menemani Mirka yang kini tinggal bersama ayahnya. “Kalau dulu Ibu yang mengurus kami anak-anaknya dengan kasih sayang, sekarang gantian saya yang mengurus Ayah dengan kasih sayang,” kata Mirka.
Segala kenangan Mirka sejak kecil sampai dewasa tertuang dalam mobil Daihatsu yang silih berganti dimiliki dan telah menemani segala segi kehidupannya selama 40 tahun.
Program Apresiasi Daihatsu Setia sudah berjalan sejak 2014. Pada 2019, program menjaring lebih dari 105 ribu pendaftar dari area Sumatra, Kalimantan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi, Bali, Jawa Timur, dan Jabodetabek. Khusus pemenang utama, Daihatsu juga membuat video testimoni pemenang yang ditayangkan melalui Youtube Channel Daihatsu Sahabatku.
“Selamat kepada seluruh pemenang program Daihatsu Setia. Kami tersentuh karena Daihatsu telah mampu menjadi sahabat yang menemani perjalanan hidup para pelanggan. Hal ini membuktikan Daihatsu telah menjadi bagian dari kehidupan Sahabat dan masyarakat Indonesia,” kata Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM. (Foto: Jawa Pos)