JAKARTA— Mobil Peugeot masih menarik perhatian konsumen mobil Eropa di Indonesia. Itu tampak di dalam laporan dari GAIKINDO yang menggambarkan penjualan sejumlah agen pemegang merek di Indonesia. Astra Peugeot sebagai agen pemegang merek (APM) dan distributor Peugeot di Indonesia mencatat rekor penjualan. Pada Bulan Januari hingga April di tahun 2020 ini, penjualan Peugeot naik 228 persen dibanding periode yang sama di tahun 2019.
Data GAIKINDO mencatat bahwa periode Januari – April 2020 Astra Peugeot mengirim sebanyak 105 unit ke rumah. Pada periode yang sama di tahun 2019 penjualan Peugeot di Indonesia tercatat sebanyak 32 unit. “Peningkatan penjualan ini membuktikan bahwa brand Peugeot sudah makin diterima dengan baik oleh konsumen. Hadirnya seri Allure Plus untuk Peugeot 3008 dan 5008 SUV sangat menarik perhatian masyarakat Indonesia,” Fredy Jeo (Head of Sales Astra Peugeot) seperti dikutip Otomotifnet.com.
Pada tanggal 11 Februari 2020 lalu, Astra Peugeot meluncurkan model baru Peugeot 3008 dan 5008 SUV Allure Plus. Model ini memiliki tambahan berbagai fitur-fitur canggih yang tidak dimiliki model sebelumnya. Capaian penjualan tersebut didominasi oleh Peugeot 5008 Allure Plus sebanyak 46 unit yang kemudian disusul oleh Peugeot 3008 SUV Allure Plus sebanyak 36 unit dan sisanya untuk varian GT Line.
Pertumbuhan penjualan yang sangat signifikan ini menunjukan tren positif kepercayaan masyarakat terhadap brand Peugeot di Indonesia. Kini penjualan mobil asal Prancis ini seluruhnya berada di bawah naungan Grup Astra. Astra Peugeot merupakan bagian dari PT Astra International Tbk yang memberikan jaminan kualitas Astra pada setiap produk yang dipasarkannya.
Peugeot menjadi salah satu pilihan yang sangat menarik pada rentang harga jualnya. Dengan harga jual sekarang, konsumen sudah bisa memiliki SUV yang sangat stylish dengan fitur-fitur mewah seperti i-cockpit, active lane departure, advanced grip control, dan lainnya yang melebihi produk yang ditawarkan oleh kompetitor. “Ditambah lagi programpeace of mind yang istilahnya customer hanya perlu membeli bensin saja untuk menikmati berkendara Peugeot selama lima tahun semenjak pembelian,” tambahnya.
Astra Peugeot Maksimalkan Layanan Online
Selama pemberlakuan peraturan pemerintah Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) untuk mempercepat penanganan wabah pandemi, Astra Peugeot memaksimalkan kanal digital untuk tetap bisa melayani konsumen dengan baik. Lewat situs resmi Astra Peugeot yaitu peugeot.co.id, konsumen bisa mendapat informasi mengenai Peugeot di Indonesia, mulai dari penjualan hingga layanan purna jual.
“Astra Peugeot selalu dinamis dengan berbagai keadaan termasuk pada kondisi saat ini dimana masyarakat berada di rumah. Melalui media digital, kami melayani dan memberi kemudahan akses bagi konsumen yang ingin membeli mobil, konsultasi purna jual, maupun sekadar mencari informasi mengenai seluruh lini produk dan layanan Astra Peugeot,” kata Fadjar Tjendikia (Finance & Marketing Department Head Astra Peugeot).
Mereka juga memanfaatkan jejaring sosial media seperti Instagram dan Facebook untuk menyebarkan informasi seputar pelayanan dan produk. Untuk Instagram, berbagai program digital Astra Peugeot terus ditawarkan hingga foto-foto produk line up, teknologi serta fitur disajikan secara lengkap.
Bahkan bagian pemasaran juga secara intens melakukan aktivitas di Facebook berbayar (sponsored— red) untuk memaparkan line-up produk serta personil penjualan yang siap membantu untuk kebutuhan kendaraan Peugeot. Konsumen tetap dengan mudah mendapatkan berbagai informasi mengenai Peugeot secara online. (*)