JAKARTA— Pejumah produsen mobil dan komponen otomotif Jepang mulai tancap gas dalah pesaingan industri kendaraan listrik (EV). Tetapi, rencana untuk mempercepat perakitan kendaraan dan produksi baterai, motor, dan komponen elektronik dapat dengan cepat menempatkan mereka dalam persaingan di segmen kendaraan listrik (electric vehicle, EV).
Langkah para produsen otomotif Jepang ini akan membuat harga EV tak semahal sekarang. Langkah ini juga mempercepat transisi dari mesin pembakaran internal (internal combustion) yang bergantung pada bahan bakar minya (BBM), dan kondisi ini menguntungkan konsumen secara luas.
Raksasa produsen mobil Jepang Toyota saat ini menjual lebih banyak mobil daripada perusahaan lain mana pun di dunia. Honda dan Nissan juga naik peringkat tinggi di dunia. Nissan, melalui aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, adalah satu-satunya produsen mobil Jepang yang kurang cemerlang, menempati peringkat di antara 15 besar produsen mobil listrik.
Pada tahun 2022, aliansi tersebut menduduki peringkat ke-10 dengan hasil kurang dari seperlima dari pemimpin industri mobil listrik BYD asal China. Jika mereka berusaha untuk tetap menjadi pemimpin industri otomotif, Toyota dan Honda harus mengubah perdagangan global mereka yang besar dan popularitas mereka di kalangan konsumen menjadi pangsa pasar kendaraan listrik yang berarti. Dan tidak ada alasan mengapa keduanya tak dapat mencapai kecepatan mobil listrik.
Pada 26 April 2023, Honda mengumumkan pengalihan seluruh lini produk mobilnya ke teknologi listrik dan fuel cell electric vehicle (FCEV) pada tahun 2040. Untuk mencapai tujuan ini, perusahaan berencana memproduksi lebih dari dua juta EV per tahun pada tahun 2030.
Target lain Honda di antaranya adalah peluncuran dua model mobil listrik yang dikembangkan bersama dengan produsen mobil Amerika Serikat (AS) General Motors (GM) pada 2024 dan satu model menggunakan platform mobil listrik milik Honda pada 2025. Pengadaan baterai dari GM dan pembentukan usaha patungan dengan produen baterai Korea LG Energy Solution untuk membuat baterai. Di China, Honda mengejar peluncuran 10 model mobil listrik pada tahun 2027 dan penjualan mobil listrik 100 persen pada tahun 2035. Kolaborasi yang lebih besar dengan pembuat baterai CATL.
Di Jepang, target Honda adalah peluncuran empat model mobil listrik pada tahun 2026, ditambah layanan pengisian daya rumah dan umum. Pengadaan baterai dari Envision AESC, perusahaan asal Jepang yang kini dimiliki 80 persen oleh Grup Envision China dan 20 persen dimiliki oleh Nissan. Pengembangan baterai solid-state untuk diperkenalkan pada paruh kedua dekade ini. Lanjutkan kolaborasi dengan perusahaan R&D baterai AS, SES.
Pada tanggal 28 April, Honda, pembuat baterai Jepang GS Yuasa dan Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang (METI) mengumumkan rencana bersama untuk menginvestasikan 434 miliar yen (3,2 miliar dolar AS) di pabrik baterai lithium-ion baru di Jepang, dengan subsidi pemerintah untuk menutupi lebih dari 35 persen dari biaya.
Produksi dijadwalkan akan dimulai pada 2027. Desember lalu, pemerintah Jepang menyatakan baterai sebagai produk strategis. Honda dan pabrikan baja Korea Selatan Posco mengumumkan rencana untuk berkolaborasi di bidang pasokan dan daur ulang bahan baterai, dan baja untuk produksi massal motor EV.
Sementara itu, Toyota berencana memperkenalkan 10 model mobil listrik bertenaga baterai baru dan meningkatkan produksi EV tahunan menjadi 1,5 juta unit pada 2026 dan 3,5 juta pada 2030. Pemasok baterainya di Jepang, Prime Planet Energy & Solutions, berencana memperluas produksinya dalam jangka waktu yang sama. Prime Planet dimiliki 51 persen oleh Toyota dan 49 persen dimiliki oleh Panasonic dan membuat baterai untuk Tesla. CATL dan BYD memasok baterai ke Toyota di China.
Mobil hybrid menyumbang 27 persen dari penjualan unit Toyota pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2023, namun kebanyakan adalah full hybrid, yang masih mengandalkan mesin pembakaran internal. Hanya sedikit yang merupakan hibrid plug-in menggunaka baterai sebagai sumber tenaga utama.
Turunnya harga mobil listrik produski Tesla dan BYD sebesar 11.400 dolar AS mengkonfirmasi bahwa industri otomotif telah memasuki era baru keterjangkauan. Tren menuju harga mobil listrik yang lebih rendah telah terlihat selama beberapa waktu.
Hongguang Mini EV China seharga 4.500 dolar AS menjadi berita utama pada tahun 2021, begitu pula rencana Suzuki Motor untuk meluncurkan minicar seharga 1 juta yen di Jepang pada tahun 2025. Pada tahun yang sama, Shigenobu Nagamori, pimpinan pembuat motor EV Nidec, mengatakan kepada media bahwa Hongguang Mini adalah tren dari masa depan. “Sama seperti peralatan rumah tangga,” katanya, “persaingan harga mobil listrik akan lebih sengit, dengan pendatang baru dari luar industri mobil masuk ke pasar.”
Satu juta yen (7.500 dolar AS ) secara psikologis setara dengan titik harga 10.000 dolar AS di AS. Dua tahun lalu, itu sudah menjadi patokan. Nidec memasuki pasar motor EV pada tahun 2018 dengan rencana untuk membangun skala ekonomi besar-besaran dan mengambil pangsa pasar yang besar karena penurunan harga membuat pembuat mobil yang lebih kecil dan lemah secara finansial tak dapat memproduksi motor mereka sendiri. Implementasi rencana ini berjalan dengan baik.
Pada tahun yang berakhir pada 31 Maret 2023 (tahun fiskal perusahaan 2022), Nidec menjual 949.000 sistem E-Axle (motor traksi listrik dan komponen terkait), 86 persen di Tiongkok dan 14 persen di Eropa. Pengiriman naik 2,8 kali lipat dari tahun sebelumnya dan naik hampir 20 kali lipat selama tiga tahun terakhir.
Tahun fiskal ini, Nidec mengharapkan untuk menjual 1,7 juta unit dan mencapai titik impas. Pada tahun fiskal 2025, Nidec berencana untuk menjual lebih dari 3 juta unit dan menargetkan 10 juta pada tahun 2030. Manajemen Nidec memperkirakan hal itu akan memberi perusahaan pangsa pasar global sebesar 26 persen.
Yang pasti, pasar kendaraan listrik ramai. Nidec menghadapi persaingan dari Hitachi dan afiliasi Toyota Aisin di Jepang, Bosch, Continental dan Daimler di Jerman, Borg-Warner dan Dana di AS, BYD, Shaanxi Automobile dan Hepu Power di China, dan beberapa lainnya di seluruh dunia. Persaingan global telah mendorong harga EV dan motor terus turun dan membuat skala ekonomi penting untuk bertahan hidup. Untuk alasan ini – dan agar dekat dengan pelanggannya serta menghindari friksi perdagangan – Nidec memproduksi motor EV di China dan Eropa, serta sedang membangun pabrik di Meksiko.
Sejauh ini, motor listrik Nidec dan sistem E-Axle telah digunakan dalam 15 model berbeda yang diproduksi oleh setengah lusin pembuat mobil termasuk Guangzhou Auto Group Co Ltd (GAC) dan usaha patungannya dengan Toyota, Honda dan Mitsubishi Motors, Geely dan Smart Automobile. Pada tanggal 27 April, pembuat suku cadang elektronik Jepang TDK mengumumkan rencana untuk menggandakan produksi sensor Tunnel Magneto-Resistance (TMR) di Pabrik Asama Techno di Nagano. Peningkatan produksi akan mulai berlaku pada paruh pertama tahun 2025.
Berdasarkan teknologi magnetik inti dan film tipis perusahaan, sensor TMR menampilkan presisi tinggi, keandalan, dan konsumsi daya rendah. Mereka sangat diminati dari industri otomotif untuk e-axle dan kontrol motor power steering, dalam sistem pengereman dan sebagai sensor arus untuk kontrol baterai, dan juga digunakan dalam robot dan mesin industri lainnya.
TDK juga memasok industri otomotif dan lainnya dengan sensor suhu dan tekanan, akselerometer, sistem sensor, baterai isi ulang dan catu daya, serta komponen pasif. Penjualan TDK naik 15 persen pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2023 sebagian besar karena elektrifikasi kendaraan, termasuk produksi ADAS dan EV, yang mendorong peningkatan jumlah komponen per kendaraan.
Murata, produsen kapasitor dan komponen pasif lainnya di Jepang dan dunia, melaporkan penurunan penjualan sebesar 7 persen pada tahun ini hingga Maret karena ketergantungannya yang tinggi pada permintaan smartphone dan persneling yang relatif rendah ke industri otomotif. (Sumber: REPUBLIKA)