JAKARTA— Penjualan mobil sepanjang Januari-Agustus 2017 mencapai 715.291 unit. Angka itu meningkat dibanding penjualan pada periode yang sama 2016 (690.300 unit). Merek Toyota memimpin penjualan dengan total 261.599 unit. Daihatsu di tempat kedua dengan penjualan 124,726 unit. Honda ketiga dengan penjualan 123,628 unit, Suzuki (71,925 unit), Mitsubishi (70,564 unit), Hino (17,967 unit), Isuzu (11,618 unit), Nissan (11,490), Datsun (6,920 unit), dan Mercedes-Benz (1,380 unit).
Khusus untuk penjualan dalam Agustus 2017 saja, Toyota memimpin penjualan dengan angka 34.690 unit, Honda (17.690 unit), Daihatsu (15.821 unit), Suzuki (10.035 unit), Mitsubishi (9.185 unit), Hino (2.797 unit), Isuzu (1779 unit), Datsun (1.140 unit), Nissan (1.136 unit), dan Mazda (481 unit).
Toyota menjelaskan penjualan Agustus 2017 didorong oleh produk-produk andalan di segmen mobil serbaguna (multipurpose vehicle, MPV). Itu antara lain Avanza, Innova, dan Calya yang merupakan tulangpunggung dengan kontribusi71,3 persen dari total wholesales Toyota.
Khusus selama Agustus 2017 Avanza membukukan total penjualan 10.212 unit dengan market share 51,4 persen di segmennya. Kendati berada di segmen yang ketat, Avanza mampu mencatatkan pertumbuhan sebesar 12,2 persen dibandingkan dengan Juli. Avanza hingga saat ini tetap menjadi pilihan utama dan masih kukuh menjadi market leader di segmennya. Avanza mampu mencatatkan total penjualan lebih dari 1,6 juta unit di pasar domestik sejak pertama kali dihadirkan pada akhir 2003.
Di periode yang sama, Innova membukukan total penjualan 6.136 unit atau tumbuh 3,4 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan Calya mencatatkan total penjualan 5.992 unit atau tumbuh 7,5 persen.
“Toyota tak hanya hadir melalui produk dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan demand, tetapi juga mempunyai komitmen tinggi untuk memberikan pengalaman terbaik dalam kepemilikan Toyota,” kata Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto.
Honda menempati peringkat kedua penjualan terbanyak pada Agustus dengan angka 17.690 unit. Total penjualan Januari-Agustus 2017 mencapai 123.628 unit dengan market share 17 persen. Direktur Marketing dan Layanan After Sales PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan penjualan Honda pada Agustus Agustus 2017 meningkat, didukung oleh produk-produk terbaru seperti New Honda Jazz. “Kami optimistis di bulan-bulan berikutnya penjualan masih menjanjikan dan konsisten,” kata Jonfis.
New Honda Jazz mendominasi penjualan kelas hatchback sebesar 2.873 unit pada Agustus 2017. Angka ini meningkat dibanding bulan sebelumnya (1.112 unit) dengan market share 50 persen. Sejak meluncur pada Juli 2017, New Honda Jazz terjual 3.985. Ditambah dengan penjualan Honda Jazz versi sebelumnya, Januari-Agustus mencapai 11.791 unit.
All New Honda CR-V Turbo yang meluncur menjelang pertengahan 2017 mencatat penjualan 3.048 unit pada Agustus 2017, meningkat dari bulan sebelumnya (2.555 unit). Model ini menyumbangkan penjualan total tahunan sebesar 7.070 unit dengan market share sebesar 15 persen di segmen SUV.
Di segmen low MPV, Honda Mobilio mencatat penjualan yang tinggi. Meski ada pendatang baru, Mitsubishi Xpander yang diklaim terpesan sebanyak 15 ribu unit per pertengahan September lalu, Mobilio membukukan penjualan 3.031 unit. Penjualan Mobilio ini meningkat dari bulan sebelumnya (739 unit). Model ini menyumbangkan penjualan total tahunan sebesar 26.855 unit dengan market share sebesar 16 persen di segmen LMPV. (*)