Berita Teknologi

Sistem Elektronik Menjadi Bagian Termahal pada Mobil Baru sekarang

JAKARTA— Penggunaan komputer atau komputasi berdampak signifikan kepada industri otomotif dalam beberapa dekade terakhir. Analisis dari Deloitte memperkirakan biaya penggunaan elektronik sudah mencapai 40 persen dari harga mobil baru. Tentu ini berbanding terbalik dengan masa 20 tahun silam, di mana mesin dan gearbox merupakan komponen utama yang dengan biaya termahal pada sebuah mobil.

Deloitte menjelaskan bahwa vendor semikonduktor memainkan peran penting dalam rantai pasokan industri otomotif sata ini. Dalam ekosistem otomotif, vendor semikonduktor menjual ke vendor sistem elektronik Tier 1, yang kemudian mengintegrasikan teknologi ke dalam modul dan mengirimkannya ke automaker (original equipment manufacturers,OEM) untuk perakitan.

“Dalam beberapa tahun terakhir, industri otomotif telah mengalami transformasi besar-besaran dan akan menemukan kembali seluruh ekosistem baru untuk tahun-tahun mendatang,” bunyi laporan motor1.com yang merujuk kantor akuntan publik tersebut, seperti dikutip Tempo.

Deloitte juga menghitung bahwa biaya komponen membentuk sistem elektronik dalam kendaraan telah tumbuh dari 312 dolar Amerika Serikat (AS) per mobil pada tahun 2013 menjadi sekitar 400 dolar AS per mobil. Pada tahun 2022, angka ini diperkirakan mencapai hampir 600 dolar AS per mobil.

“Kemajuan teknologi seperti kecerdesan buatan (artificial intelligence, AI), mobil listrik (electric vehicle, EV), pengendaraan mandiri (mobil otonom), kesadaran sosial tentang topik-topik seperti keselamatan, masalah lingkungan, polusi, dan pertimbangan ekonomi termasuk pengeluaran infrastruktur serta pertumbuhan di pasar Asia siap untuk membentuk kembali industri otomotif,” kata Deloitte menyimpulkan.

Sebagai perbandingan, 20 tahun yang lalu, ketika sistem injeksi bahan bakar, anti-lock braking system (ABS), dan electronic stability programme (ESP) sudah diterapkan. Porsinya saat itu, hanya 18 persen, sekarang sudah mencapai 40 persen komputasi atau aktivitas penggunaan teknologi komputer, perangkat keras, dan perangkat lunak komputer. (*)