Berita

Strategi GIIAS 2018 Meratakan Kepadatan Pengunjung Tercapai

JAKARTA– Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 telah berlangsung pada 2 – 12 Agustus 2018. Pameran yang telah memasuki tahun ke-26 ini dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Catatan positif, GIIAS pada tahun berhasil menerapkan strategi pemerataan pengunjung di sepanjang hari penyelenggaraannya.
Pada GIIAS sebelumnya pengunjung terasa sangat padat pada hari-hari weekends ((Jumat, Sabtu, Ahad). Ini mengakibatkan ketidaknyamanan untuk para pengunjung. Pada GIIAS 2018 kepadatan pengunjung merata antara hari weekdays dan weekends yang berlangsung pada Sabtu dan Ahad. Tak terlihat kepadatan berlebihan pada hari-hari weekends, sehingga kenyamanan pengunjung dapat tetap terjaga.
GIIAS 2018 menetapkan tiket yang harganya lebih tinggi pada hari weekends, untuk mendorong pengunjung untuk datang pada hari weekdays, formula yang ditetapkan GAIKINDO ini demi memberikan benefit untuk para pengunjung. “Target pemerataan pengunjung pada weekdays dan weekends yang kami canangkan berhasil, tercatat penurunan angka pengunjung pada weekends, namun pada weekdays, kami mencatat kenaikan pengunjung sebanyak 15-20 persen, tersebar disepanjang penyelenggaraan GIIAS 2018, untuk GAIKINDO hal tersebut sangat membahagiakan,” katajar Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO.
Berkenaan dengan kenaikan harga tiket, aa menegaskan bahwa pihaknya juga mempersiapkan berbagai promo dan kebijakan. Seperti kebijakan free entry untuk anak-anak hingga usia tujuh tahun atau dengan tinggi badan hingga 120cm. Sebelumnya, anak berusia dua tahun ke atas harus memiliki tiket masuk. Sedangkan lanjut usia di atas 65 tahun bebas dari tiket masuk.
Nangoi juga mengungkapkan tanggapan postif dari para pengunjung atas beberapa program yang dijalankan GIIAS 2018 pada saat weekdays, mulai dari promo potongan harga tiket, parkir gratis, promo buy 3 tickets get 1 free entry, hingga promo potongan harga dibooth merchandise. “Kami harap pengunjung benar-benar menikmati benefit lebih dari program weekdays yang kami jalankan pada tahun ini,” katanya.
Berbagai promo pada hari weekdays ini menurutnya, menjadi salah satu daya tarik pengunjung, hingga pada akhirnya tujuan GAIKINDO memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung. Nangoi juga menyinggung mengapa sejak tahun lalu GIIAS tak mempublikasikan angka rinci pengunjung dan transaksi.  GIIAS bertujuan sebagai ajang yang memberikan informasi tentang perkembangan terkini dari industri otomotif Indonesia kepada masyarakat. Baik itu produk atau teknologi terbaru, dan GAIKINDO ingin publikasi GIIAS juga menuju arah yang sama. Maka sejak penyelenggaraan GIIAS di tahun lalu untuk GAIKINDO angka pengunjung maupun transaksi bukan merupakan ukuran keberhasilan sebuah pameran.
“Kenyamanan pengunjung menjadi kepedulian utama GAIKINDO. Dan kami lihat selama penyelenggaraan GIIAS 2018 pengunjung tetap terus memadati area pameran sejak pagi hingga malam dalam suasana yang lebih nyaman,” katanya.
Nangoi tak memungkiri bahwa transaksi juga terjadi sepanjang pelaksanaan GIIAS 2018, namun bukan merupakan tujuan utama dari penyelenggaraan pameran. Nangoi menyatakan rasa syukurnya atas keberhasilan dan kelancaran jalannya pameran GIIAS 2018.
“GIIAS menjadi besar karena dukungan dan koordinasi dari seluruh pihak terutama para agen pemegang merek (APM) anggota GAIKINDO, Kementerian Perindustrian yang memberikan arahan dan dukungan, para sponsor; Astra Financial, Protera & LLumar, serta Pertamina, industri pendukung, pengunjung serta seluruh media yang meliput acara ini. Kami mengharapkan kedepannya GIIAS akan berlangsung lebih baik lagi”.
GIIAS 2018 mengusung tema “Beyond Mobility”, yakni sebuah gerakan evolusi kendaraan bermotor dari sebuah alat transportasi menjadi sebuah alat untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Seluruh program GIIAS berpayung pada tema Beyond Mobility.

Tahun ini GIIAS 2018 mengajak agen pemegang merek (APM) otomotif menghadirkan kendaraan terkini, kendaraan konsep, dan teknologi terkini yang  sehingga masyarakat dan pelaku industri otomotif di Indonesia memiliki pemahaman yang lebih mengenai pesatnya kemajuan industri otomotif nasional dan otomotif global.

Tercatat kehadiran 47 kendaraan baru dan juga kendaraan konsep di luncurkan pada hari pertama GIIAS 2018. Dua diantaranya adalah world premiere Passenger car & Concept Car.  Yang menarik adalah, tahun ini lebih banyak kendaraan konsep yang dihadirkan, memberikan gambaran kendaraan masa depan, sesuai dengan tema GIIAS tahun ini, Beyond Mobility. Selain mobil dan kendaraan komersial, tahun ini GIIAS juga mencatat peluncuran total sembilan sepeda motor baru dan konsep, yang dihadirkan oleh 11 merek sepeda motor peserta GIIAS 2018. (*)