JAKARTA— Melewati semester pertama di 2020, tren industri otomotif mulai terlihat. Salah satunya adalah minat konsumen terhadap medium sport utility vehicle (SUV) yang mencapai 16,2 persen dari total penjualan mobil selama Januari-Juni 2020. Angka ini meningkat dari periode yang sama tahun lalu sebesar 12,4 persen. Ini didukung oleh produk baru di segmen tersebut, salah satunya Suzuki XL7 yang berhasil menarik minat konsumen.
Menurut Donny Saputra (4W Marketing Director PT SIS) saat ini masyarakat membutuhkan mobil yang bisa menemani aktivitas ke berbagai medan. Tapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Suzuki memiliki XL7 untuk masyarakat Indonesia. “Extra Ordinary SUV ini memiliki kabin lega sehingga maksimal menjaga jarak di dalam mobil, kompartemen banyak untuk menyimpan berbagai peralatan, serta fitur unggulan seperti smart E-mirror. Tak heran penjualan wholesales XL7 di bulan Juni 2020 meningkat cukup pesat hingga 107,7 persen dan berkontribusi kepada penjualan total Suzuki di bulan Juni sebesar 13,4 persen,” kata Donny seperti dikutip Jawa Pos.
Tipe XL7 yang saat ini paling diminati adalah varian Beta sebesar 49 persen, lalu varian Alpha sebesar 42 persen. Mengenai pilhan warna untuk single tone, permintaan warna pelanggan didominasi oleh snow white sebesar 34 persen, dan cool black metallic 27 persen.
Sedangkan untuk warna dual tone, yang paling banyak diminati konsumen adalah warna utama XL7 ALPHA yaitu rising orange + black dengan persentase 13 persen dari seluruh penjualan XL7. Angka ini turut berkontribusi terhadap lebih dari 13 persen penjualan mobil penumpang Suzuki dengan warna-warna terang (biru, oranye, merah) di paro pertama 2020.
Ini menunjukkan tren konsumen yang mencari alternatif warna mobil yang lebih segar, berani, dan mampu merepresentasikan karakter penggunanya seperti XL7. Namun khusus untuk tipe tertinggi XL7, yaitu ALPHA, memiliki smart E-mirror pertama di kelasnya. Smart E-mirror berfungsi sebagai kaca spion digital yang dibekali dua kamera yang terletak di spion tengah dan di belakang mobil.
Selain berfungsi layaknya dashcam, fitur canggih ini juga dapat merekam aktivitas mobil, menangkap momen tak terduga. Serta meningkatkan kemampuan berkendara dan memarkir kendaraan. Semua keunggulan ini berhasil menyita perhatian keluarga Indonesia yang membutuhkan mobil untuk memulai kembali aktivitas di masa transisi.
Peningkatan penjualan XL7 membuktikan bahwa model andalan Suzuki ini makin diminati konsumen. Ini terutama bagi masyarakat membutuhkan kendaraan yang tangguh untuk beraktivitas bersama keluarga dengan tetap menjaga protokol kesehatan. “Kami berterima kasih atas kepercayaan konsumen yang telah memilih XL7. Hal ini memotivasi kami untuk terus memenuhi kebutuhan konsumen akan produk dan layanan yang berkualitas dan sesuai kebutuhan,” kata Donny. (*)