Berita APM

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Suzuki Sumbang Mobil untuk 7 SMK


JAKARTA— PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) menyumbangkan mobil Suzuki APV, Ertiga, Karimun Wagon R ke tujuh sekolah menengah kejuruan (SMK). Kegiatan itu merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR) “Suzuki Peduli Pendidikan”.

Section Head Building Construction & Facility Department HRD & GA PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Fajar Dewanto mengatakan, sebagai perusahaan otomotif, Suzuki terpanggil untuk berkontribusi dalam hal pengembangan kualitas lulusan SMK sehingga siap untuk terjun ke dunia kerja. “Program Suzuki Peduli Pendidikan merupakan titik awal kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di bangku SMK. Melalui donasi unit-unit mobil Suzuki APV, Ertiga, dan Karimun Wagon R ke tujuh SMK, pihak sekolah dapat memanfaatkannya sebagai alat kerja praktik pembelajaran bagi para siswa,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu 12 Desember 2018.

Kepedulian terhadap lulusan SMK itu berangkat dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat, angka pengangguran lulusan SMK hingga Agustus 2018 mencapai 11,24 persen karena kualitas lulusan tak sesuai dengan standar industri dan jurusan yang tak sesuai dengan lapangan pekerjaan . Sumbangan mobil dalam program “Suzuki Peduli Pendidikan” merupakan langkah SIM untuk menjalin sinergi dengan dunia pendidikan agar kualitas para siswanya meningkat.

Tujuh SMK yang terdiri dari SMK Assadatul Abadiyah Bekasi (Jawa Barat); SMK Futuhiyyah Mranggen, Demak (Jawa Tengah); SMK Palapa Semarang (Jawa Tengah); SMK Negeri 1 Gantar Indramayu (Jawa Barat); SMKN 7 Baleendah, Bandung (Jawa Barat); SMK Muhammadiyah 2 Taman, Sidoarjo (Jawa Timur); dan SMK Darma Siswa 1 Sidoarjo (Jawa Timur).

“Melalui program ini, kami harap mobil yang kami sumbangkan tak hanya menjadi alat pembelajaran bagi para siswa, tapi juga dapat mempersiapkan calon-calon tenaga ahli profesi di bidang otomotif yang lebih berkualitas, sehingga nantinya dapat mengurangi angka pengangguran lulusan SMK di Indonesia,” kata Fajar.

Sementara itu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen setianya, salah satunya dengan mengadakan program servis gratis bagi angkutan kota Koperasi Wahana Kalpika (KWK) di wilayah Jakarta. Program ini diberikan untuk 500 unit angkutan kota di enam titik wilayah kantor KWK yaitu Jakarta Timur I, Jakarta Timur II, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat.

Kegiatan ini akan berlangsung dalam dua kali penyelenggaraan yaitu pada tanggal 8-9 Desember serta 15-16 Desember 2018. “Program ini merupakan bentuk apresiasi kami terhadap pemilik angkutan kota yang telah menggunakan produk Suzuki sebagai moda transportasi dan juga bentuk dukungan kami terhadap program pemerintah daerah DKI Jakarta,” kata Deputy Managing Director PT SIS 4Wheel, Setiawan Surya, dalam keterangannya.

Program servis gratis ini merupakan agenda tahunan yang meliputi penggantian oli mesin dan filter, tune-up, dan busi serta general check-up rutin. “Sebagai kendaraan transportasi yang digunakan setiap hari tentunya angkutan kota harus selalu dalam kondisi yang prima terutama dari segi kelayakan dan kenyamanan untuk penumpang,” katanya.

Tak hanya memberikan program servis gratis, Suzuki juga memberikan tips kepada para anggota KWK bagaimana mengoptimalkan perawatan kendaraan yang baik dan benar. “Kami berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Suzuki, melalui kegiatan Suzuki Peduli Angkot ini. Semoga kerjasama ini dapat berlangsung terus menerus di kemudian hari,” kata Ketua KWK Taufik Azhar.

Taufik Azhar menambahkan, saat ini KWK memiliki angkutan kota kurang lebih 6.000 unit dan 95 persen menggunakan produk Suzuki. (*)