Berita Berita APM

Toyota Raih Penghargaan Perusahaan Otomotif dengan Layanan Contact Terbaik

JAKARTA— Di tengah upaya pencegahan penyebaran wabah virus, Toyota menjawab keterbatasan mobilitas pelanggan dengan hadirnya saluran layanan komunikasi terlengkap. Upaya tersebut dimaksudkan untuk memberi kemudahan akses bagi pelanggan mendapatkan informasi produk, teknologi, dan servis Toyota. Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto menyebutkan, menyebarnya wabah mendorong Toyota menghadirkan semangat #ToyotaAdaUntukAnda.

Salah satunya dengan memaksimalkan berbagai platform customer care yang dimiliki saat ini, guna memberikan Beyond Service dan Peace of Mind bagi pelanggan. “Melalui program #ToyotaAdaUntukAnda kami ingin menyampaikan pesan dan mengajak rakyat Indonesia untuk mempunyai semangat yang kuat dalam memerangi wabah,” kata Henry dalam rilis yang dikutip tribun-timur.com, Rabu 15 April 2020.

“Toyota sebagai perusahaan mobilitas akan selalu berupaya memberikan kontribusi terbaik bagi pelanggan dan juga kepada masyarakat. Kami mempunyai channel layanan pelanggan yang lengkap untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan di tengah kondisi saat ini,” katanya.

Ia memaparkan, saluran komunikasi yang dapat diutilisasi pelanggan antara lain chatbot Toyota, yaitu layanan Toyota Interactive Virtual Assistant yang dihadirkan untuk dapat memberikan informasi terbaru dari Toyota kepada pelanggan. Melalui Chatbot Toyota para pelanggan bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai produk, tips perawatan terbaik, program penjualan, dan berbagai hal lainnya. Layanan ini dapat diakses melalui Facebook Messanger, LINE, dan WhatsApp.

Selain itu, untuk layanan digital Toyota juga menyediakan aplikasi mTOYOTA yang merupakan aplikasi mobile yang memiliki tiga aspek keunggulan dengan mengutamakan personalization, one stop service, dan engagement.

Aplikasi ini dapat di download melalui Google Playstore dan Apple Appstore. “Kedua platform Toyota tersebut untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan dan tren yang berkembang. Misalnya saja saat ini di mana digitalisasi menjadi perhatian berbagai kalangan, maka kami pun menghadirkan layanan yang berbasis digital,” katanya.

Pelanggan juga dapat memanfaatkan layanan komunikasi melalui berbagai platform social media di Facebook ToyotaID, Twitter account @ToyotaID, serta Instagram @toyotaID, dan di Youtube ToyotaIndonesia. Pelanggan juga dapat menghubungi atau berinteraksi dengan Toyota lewat channel lainnya, mulai dari pelanggan yang datang langsung ke dealer resmi Toyota. Bisa juga melalui berbagai online channel mulai dari call centre Toyota yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1500315 atau melalui email: customer-care@toyota.astra.co.id.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy menambahakan, berbagai layanan tersebut dihadirkan untuk mempermudah masyarakat dalam pencarian informasi atau bahkan melakukan pembelian, agar dapat memberikan customer experience yang terbaik dan berkesan. “Total Ownership Experience merupakan semangat yang Toyota usung untuk menghadirkan kepuasan pelanggan yang menyeluruh dimulai dari proses pencarian informasi, pembelian, hingga aftersales. Komitmen tersebut terefleksi dari produk maupun program yang dihadirkan Toyota,” kata dia.

Upaya Toyota menghadirkan saluran komunikasi terlengkap ini mendapatkan apresiasi dari pihak lain. Toyota-Astra Motor berhasil meraih predikat sebagai perusahaan otomotif kendaraan roda empat dengan layanan contact center terbaik di ajang Contact Center Service Excellence Award 2020. Penghargaan yang diserahkan pada 9 April 2020 di Jakarta tersebut diberikan oleh Majalah Service Excellence yang bekerja sama dengan Carre-Service Quality Monitoring.

Mereka melakukan experience audit terhadap call center, customer service, e-mail center, Facebook, twitter dan online chat, pada 397 contact center perusahaan-perusahaan di berbagai bidang, termasuk otomotif. (*)