BISNIS— PT Toyota Astra Motor (TAM) meraih angka penjualan tinggi di pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Marketing Director TAM Jap Ernando Demily mengatakan bahwa Toyota mencatatkan surat pemesanan kendaraan (SPK) di atas 4.000 unit. “Angka SPK di GIIAS itu relatif stabil dibanding tahun 2024 lalu,” kata Ernando di lokasi GIIAS 2025, di Gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang (Banten), Minggu 3 Agustus 2025.
Kontributor terbesar penjualan Toyota di GIIAS 2025 ditopang oleh model Kijang Innova Zenix Hybrid. Angka SPK itu masih berpotensi bertambah. Dari perolehan SPK tersebut, komposisi kendaraan listrik sebesar 34 persen. Jumlah itu meningkat tujuh persen secara tahunan (year-on-year, YoY). “Kijang Innova Zenix Hybrid kurang lebih 25 persen dari total SPK,” jelasnya.
Di GIIAS 2025 Toyota memamerkan dua model mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle, BEV) terbarunya, yakni Urban Cruiser EV dan Toyota bZ4X rakitan lokal. Sebelumnya, bZ4X masih diimpor secara utuh (completely built up, CBU) dari Jepang. Artinya, jika nanti telah diproduksi di Indonesia (completely knocked-down, CKD) maka New bZ4X berpotensi akan lebih mudah dijangkau konsumen. Selain juga lebih ada kepastian ketersediaan suku cadang yang lebih optimal bagi pelanggan.
Menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), pada semester pertama 2025, penjualan whole sales Toyota mencapai 123.846 unit, dengan pangsa pasar (market share) 33 persen dari total penjualan oleh semua merek. Sementara itu, penjualan secara retail (dari dealer ke konsumen) sebesar 126.893 unit, dengan market share 32,5 persen pada periode yang sama. “Toyota masih konsisten memimpin pasar dan masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia,” kata Ernando. (*)