Berita Berita APM Economy & Industry

Krama Yudha Mitsubishi Motors Terapkan Protokol Baru untuk Kegiatan Dealer

JAKARTA— Mengadaptasi kebiasaan normal baru alias new normal, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) siap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah. Kondisi ini berlaku untuk kegiatan operasional seluruh dealer resmi kendaraan penumpang niaga ringan Mitsubishi di Indonesia. Itu termasuk juga bagi kegiatan penjualan dan purna jual yang dilakukan di luar area dealer yang telah dimulai sejak 1 Juli 2020. 

Naoya Nakamura (President Director PT MMKSI) mengatakan penerapan protokol kesehatan merupakan upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam penularan wabah Covid-19 dalam periode new normal. Ini juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen Mitsubishi saat melakukan kegiatan serta mengakses fasilitas dan layanan terkait keseluruhan proses kepemilikan mobil. 

“Juga untuk memberikan acuan dan panduan protokol kesehatan dalam kegiatan operasional diler dan interaksi dengan konsumen,” kata Nakamura dalam keterangan resminya, Selasa 7 Juli 2020, seperti dikutip KOMPAS.com

Secara umum, penertapan protkol kesehatan dengan konsumen diterapkan pada dua situasi, yakni tamu dari pihak luar (walk in customer) serta kegiatan di luar dealer. Masing-masing memiliki protokol yang telah ditetapkan. Untuk walk in customer terkait kegiatan konsumen di area diler bagi kegiatan penjualan dan bengkel, MMKSI menerapkan beberapa langkah. Antara lain melakukan persiapan kebersihan dan kondisi steril di area diler dan bengkel dengan cairan pembersih atau disinfektan sebelum diler buka dan tutup setiap harinya. 

Perhatian lebih terhadap objek yang sering disentuh seperti gagang pintu, meja resepsionis, meja dan kursi negosiasi dan ruang tunggu, digital tools, unit pamer – test drive – yang diserahkan pada konsumen, kid-zone, toilet dan sebagainya.  MMKSI memastikan sabun cuci tangan dan hand sanitizer selalu tersedia, eluruh personil yang bertugas di dealer (mulai dari petugas kebersihan, frontliner, tenaga penjual hingga teknisi) mengenakan atribut perlindungan diri dari COVID-19 seperti masker, sarung tangan dan face shield

MMKSI melaksanakan protokol kesehatan new normal pada seluruh interaksi petugas dealer dan konsumen. Itu meliputi pememeriksaan suhu tubuh menggunakan termometer gun, kewajiban menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan kontak fisik, menghindari batuk dan bersin di dekat orang lain serta menyarankan pembayaran dengan metode dengan kartu (cashless).

 Sementara untuk kegiatan di luar diler terkait keiatan yang dilakukan untuk penjualan dan pemeliharanan kendaraan protokolnya. Konsumen mencari informasi melalui media umum dan melakukan kontak melalui saluran resmi Mitsubishi Motors Indonesia (media sosial, website, aplikasi My Mitsubishi Motors ID, layanan Mitsubishi Motors Customer Care). Petugas diler melakukan follow-up dengan melaksanakan persiapan kebersihan dan kondisi steril unit dan peralatan yang digunakan. Seluruh personel yang bertugas keluar menemui konsumen mengenakan atribut perlindungan diri dari wabah seperti masker, sarung tangan dan face shield.

Nakamura menjelaskan bila MMKSI sangat peduli dengan pencegahan penyebaran COVID-19 dan mendukung kebijakan dan protokol yang telah ditetapkan Pemerintah sebagai usaha untuk mempercepat penyelesaian pandemi ini. “Kesehatan dan kenyamanan konsumen kami dalam bertransaksi merupakan hal yang menjadi fokus dan prioritas kami saat ini,” kata Nakamura. (*)