ANTARA— Suzuki Fronx meraih gelar Rookie of the Year, mobil pendatang baru terbaik. Predikat ini diraih Suzuki di ajang Indonesia Automotive Awards 2025, tiga bulan sejak diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). “Sejak awal, kami sangat yakin model baru ini sanggup merebut perhatian publik dan mudah dicintai berkat nilai dan segala kelebihannya,” kata 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales Harold Donnel dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu 3 September 2025.
Capaian Rookie of the Year untuk Suzuki Fronx tersebut merupakan penghargaan ketiga yang telah diperoleh dalam kurun waktu sekitar tiga bulan sejak kelahirannya di pasar Indonesia. Fronx adalah model sport utility vehicle (SUV) yang hadir sebagai representasi gaya hidup mobilitas baru yang mengedepankan kenyamanan sekaligus kepraktisan. Suzuki menyatakan bahwa penghargaan tersebut mendorong perusahaan untuk terus berinovasi dan menjaga kualitas produk-produknya.
Indonesia Automotive Awards 2025 merupakan salah satu barometer kredibilitas tertinggi dalam industri otomotif. Ajang ini memberikan lebih dari 20 apresiasi, tidak hanya untuk kendaraan terbaik, tetapi juga untuk inovator dan figur berpengaruh.
Fronx menyumbang 28 persen dari total penjualan ritel Suzuki dan menguasai segmen mobil penumpang dengan porsi 47 persen di Tanah Air. “Suzuki Fronx membuktikan bahwa kami tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga memimpinnya. Kami sangat optimistis momentum positif ini akan terus berlanjut,” kata Department Head 4W Sales PT SIS Randy R Murdoko.
Capaian ini merupakan hasil nyata bagaimana suatu produk dapat diterima dengan baik, karena memiliki kesesuaian dengan apa yang memang dibutuhkan oleh konsumen otomotif di Indonesia. “Penjualan ritel Suzuki Juli lalu adalah bukti nyata dari strategi produk kami yang tepat sasaran dan keberanian dalam menghadirkan inovasi,” kata dia.
Fronx juga memiliki tipikal konsumen yang cenderung lebih memikirkan efisiensi dan juga keberlangsungan untuk alam. Hal itu tercermin dari hasil penjualan yang dicapai, sebanyak 89 persen adalah varian hybrid. Capaian positif yang ditorehkan oleh Fronx tak hanya terjadi di awal paruh kedua tahun 2025 saja. Penerimaan yang baik juga terjadi pada pameran otomotif GAIKINDO Indonesia internatioanl Auto Show (GIIAS) 2025.
Fronx meraup sekitar 38 persen dari total unit penjualan jenama berlogo “S” tersebut di GIIAS 2025. Berkat dorongan positif yang didapatkan oleh Fronx, Suzuki mengalami peningkatan penjualan ritel Suzuki naik 20 persen dari bulan sebelumnya atau mencapai 5.500 unit. Selain itu, pertumbuhan juga dirasakan pada berbagai lini produk.
Kategori mobil penumpang melonjak 17 persen, sehingga sanggup membulatkan kontribusi sebesar 60 persen secara keseluruhan. Sementara kategori mobil komersial turut meroket 26 persen lewat kepercayaan konsumen terhadap performa tangguh New Carry. Kombinasi tersebut semakin memperkuat posisi Suzuki, menempati peringkat 3 besar di pasar otomotif nasional pada periode Juli 2025. “Ke depan, kami akan terus memperluas pendekatan kepada masyarakat, serta menyediakan benefit penjualan sesuai kebutuhan konsumen di seluruh Indonesia. Langkah tersebut akan berjalan beriringan dengan semangat mempopulerkan kendaraan lebih ramah lingkungan, seperti lini hybrid Suzuki,” kata Randy. (*)