JAKARTA— Isuzu Elf menjadi light truck paling laris dari beberapa model produksi Isuzu lainnya. Elf mencapai volume penjualan 16.192 unit dan market share sebesar 25,1 persen sepanjang tahun 2022. Disusul kemudianpenjualan Traga dan Giga. Deputy Division Head of Business Strategy Division PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Rian Erlangga mengatakan hasil ini tidak hanya dicapai karena produk-produk Isuzu yang andal dan memenuhi kebutuhan konsumen, tapi juga karena pelayanan purnajual Isuzu yang terus ditingkatkan.
“Isuzu memiliki 163 unit bengkel berjalan, lebih dari 1.500 partshop, part depo Palembang dan Makassar, Servis 24/7 dan 122 Bengkel Mitra Isuzu. Kami juga menargetkan penjualan di 2023 sebesar 39.000 unit dan ekspor 8.500 unit,” kata Rian seperti dikutip ANTARA 25 Januari 2023.
Isuzu Traga di kelas medium pick up meraih penjualan 12.921 unit dan market share 40,2 persen. Sedangkan dari kelas medium truck, Giga mencapai 3.370 unit dan market share hingga 12,9 persen. Sedangkan sisanya adalah penjualan D-Max dan Mu-X.
PT IAMI menorehkan sejarah baru angka penjualan tertinggi pada 2022 atau mencapai 33.715 unit sejak kali pertama meramaikan industri Tanah Air pada 1974 silam. Selama ini Isuzu juga menghadirkan pengalaman digital untuk memudahkan konsumen mencakup MyIsuzuID, Isuzu Link, dan Isuzu Contact Center. Dengan meningkatnya penjualan dan ekspor Isuzu, utilisasi kapasitas produksi pabrik Isuzu di Indonesia kini mencapai 86 persen.
Sebagai upaya untuk menjadi World Class Manufacturing Base, PT IAMI telah melakukan ekspor Isuzu Traga ke negara Asia Tenggara seperti Filipina, Laos dan Myanmar, serta Afrika dan Amerika Tengah dan Selatan. Selain penjualan, Isuzu juga menorehkan prestasi lain dengan memenangkan penghargaan INNOVASTRA AWARD yang diadakan oleh Astra Group untuk tiga kategori yaitu konsep, tim, dan sistem-performa. (*)