Berita Economy & Industry

GAIKINDO: Masuknya Citroen Berdampak Positif bagi Pasar Otomotif Indonesia

JAKARTA— Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menyambut positif masuknya produsen mobil asal Perancis, Citroen, ke pasar otomotif Indonesia. Ketua I GAIKINDO Jongkie Sugiarto menilai makin banyak pabrikan otomotif yang beroperasi, maka itu akan bagus bagi iklim industri otomotif Tanah Air. 

Fenomena seperti itu bermanfaat memicu bertambahnya investasi baik untuk keperluan produksi, distribusi, hingga purna jual. Masuknya pabrikan baru juga akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat. “Buat konsumen juga akan makin banyak pilihan produk kendaraan yang bisa dibeli,” kata dia, Selasa 4 Oktober, seperti dikutip KONTAN.

Sepanjang Januari-Agustus 2022, penjualan wholesales (pabrik ke dealer) mobil nasional tercatat mencapai 658.232 unit. Sejumlah merek otomotif berkontribusi pada penjualan mobil nasional di tahun ini.  Di antaranya adalah Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi Motors, Suzuki, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Hyundai, Hino, Wuling, Mazda, BMW, Mercedes-Benz, Nissan, DFSK, KIA, UD Trucks, Lexus, Morris Garage, MINI, Peugeot, Volkswagen, Tata, FAW, Subaru, hingga Audi.

Stellantis NV, perusahaan induk Automobiles Citroen, menunjuk Indomobil Group untuk menjalankan bisnis Citroen di Indonesia. Indomobil bertindak sebagai distributor tunggal merek Citroen di Indonesia, sekaligus bakal memperkenalkan mobil-mobil Citroen di Tanah Air mulai tahun 2023. (*)