JAKARTA— PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan semua model Hino dengan standar mesin emisi Euro4. Pengembangan dan infrastruktur sudah Hino siapkan dengan matang. Mulai dari lini produksi, jaringan outlet, sistem teknologi, peralatan teknis, layanan purna jual, hingga sumberdaya manusia (SDM) dan mekanik yang terlatih. Dan yang terpenting, mesin baru common rail yang lebih tangguh, ekonomis dan ramah lingkungan, memenuhi regulasi Euro4.
Untuk pengembangan kendaraan Euro4 ini, Hino berkomitmen mempertahankan DNA Hino yaitu Quality Durability Reliability atau QDR. Selama 40 tahun Hino hadir di Indonesia, dan terbukti seluruh model Hino diterima dengan baik oleh konsumen. Ini membantu Hino menjadi market leader di segmen medium duty truck berturut-turut selama 22 tahun hingga saat ini dengan pangsa pasar diatas 50 persen.
Saat ini semua model Hino sudah memanfaatkan teknologi mesin Euro4 untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis. Itu mulai dari light-duty truck Hino Dutro, medium-duty truck Hino Ranger, heavy-duty truck Hino Profia, dan Hino Bus. Seluruh model Hino Euro4 disiapkan membantu operasional bisnis menjadi lebih mudah, karena Hino tangguh di jalan dan meningkatkan keuntungan bisnis.
“Mobil-mobil yang hari ini kami luncurka tak hanya untuk memenuhi regulasi Euro4. Tapi juga untuk menguatkan posisi Hino sebagai pemimpin pasar yang terus berkontribusi untuk kemajuan dan pengembangan transportasi di Indonesia yang lebih ramah lingkungan,” kata Masato Uchida (Presiden Direktur HMSI), Rabu 9 Maret 2022.
Berbagai fitur canggih tetap disematkan pada kendaraan Hino Euro4. Mulai dari sasis yang kuat teruji dilapangan, gross vehicle weight (GVW) yang lebih optimal, sistem pengereman yang reponsif menggunakan full air brake dan ABS, hingga sistem bahan bakar dengan mekanisme tiga kali penyaringan bahan bakar dan injector dengan full diamond like carbon (DLC) untuk meningkatkan ketahanan aus.
Santiko Wardoyo (COO – Director HMS) mengatakan truk dan bus Hino Euro4 memiliki transmisi dan mesin baru common rail yang tentunya tidak hanya kuat dan tangguh di segala medan operasi, namun juga memiliki emisi gas buang ramah lingkungan.
Mesin common rail Hino sudah dilengkapi diesel oxidation catalyst (DOC) untuk mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO), dan hidrokarbon (HC) selain itu terdapat exhaust gas recirculation (EGR) untuk menurunkan kadar emisi gas buang NOx, dan selective catalytic reduction (SCR) untuk model tertentu. Mesin common rail Hino Euro4 juga memiliki variable nozzle turbo(VNT) untuk meningkatkan suplai udara ke ruang bakar untuk menghasilkan tenaga secara responsif, serta ECU generasi terbaru yang telah terintegrasi dengan EDU. Dengan beragam teknologi di dalamnya membuat mesin common rail Hino memiliki emisi gas buang ramah lingkungan, efisiensi bahan bakar yang baik, dan menghasilkan suara mesin halus dan meminimalkan getaran.
Masahiro Aso (Presiden Direktur PT Hino Motors Manufactruing Indonesia, HMMI) mengatakan untuk mencapai target emisi gas buang yang ditetapkan, sebaiknya menggunakan bahan bakar solar dengan minimal Cetane Number 51 dan kandungan sulfur maksimal 50 ppm. “Untuk itu HMMI memberikan jaminan kualitas atas kendaraan Hino yang dihasilkan saat ini, karena Hino Indonesia telah berpengalaman dalam memproduksi kendaraan EURO4 untuk pasar ekspor,” katanya.
Hino Dutro dengan Tampilan Terbaru
Khusus di Euro4 ini, eksterior Hino Dutro hadir dengan beberapa perubahan seperti desain grill depan dan perubahan cover atas lampu yang kini menyatu dan lebih stylish, serta perubahan bumper depan yang dirancang menyesuaikan posisi fog lamp sehingga lebih dinamis. Selain itu ada penambahan cover spion pada dudukan kaca spion yang berguna untuk mencegah pencurian. Perubahan desain juga terdapat pada bagian interior. Di situ terdapat perubahan warna dashboard, door trim dan kursi yang kini berwarna coklat yang memberi kesan mewah, nyaman dan modern. Semua perubahan desain baru ini memberikan tampilan yang lebih segar dan dinamis. Hino Dutro sendiri memiliki sasis yang tangguh, karena memiliki sasis tanpa sambungan, terdapat keling penguat diatas frame dan profil sasis yang tebal.
“Hino lebih dari siap melayani kebutuhan bisnis anda, karena kami berkomitmen untuk memberikan best fit product serta layanan purna jual terbaik sesuai dengan prinsip Total Support, yaitu layanan service yang andal untuk memberikan keuntungan yang maksimal bagi pelanggan. Dengan memaksimalkan operational kendaraan dan minimalkan operational cost. Sehingga konsumen merasa nyaman,” kata Santiko Wardoyo (COO – Director HMSI). (*)