JAKARTA— PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat penjualan 9.554 unit mobil pada Maret 2022. Jumlah itu naik 11 persen dibanding bulan Februari 2022 sebanyak 8.478 unit. Honda Brio dan All New Honda BR-V kembali menjadi model yang memberikan kontribusi terbesar untuk penjualan Honda di bulan lalu.
Honda Brio meraih penjualan tertinggi dengan total 5.106 unit yang terdiri dari Honda Brio Satya sebesar 3.522 unit dan Honda Brio RS sebesar 1.584 unit. Penjualan tersebut memberikan kontribusi sebanyak 53,4 persen dari total penjualan HPM bulan Maret 2022 dan meningkat sebesar 11,7 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya.
All New Honda BR-V yang baru saja mendapatkan gelar “Car of The Year” dari Otomotif Award 2022 berkontribusi sebesar 19 persen dari total penjualan HPM dengan penjualan sebanyak 1.780 unit di bulan Maret. Model lain yang juga memberikan kontribusi penjualan pada bulan Maret 2022 adalah New Honda CR-V dengan total 989 unit, Honda City Hatchback RS sebesar 648 unit, dan Honda Mobilio sebanyak 10 unit.
Pada jajaran mobil sedan, All New Honda Civic RS mencatatkan penjualan sebesar 113 unit, All New Honda City sebesar 78 unit, serta Honda Accord sebesar 16 unit. Sementara itu, produk terbaru yang diluncurkan Honda pada akhir bulan Maret lalu yaitu All New Honda HR-V langsung menyumbangkan penjualan retail sebesar 814 unit.
Yusak Billy (Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor) mengatakan, sejalan dengan aktivitas masyarakat yang terus meningkat, pasar otomotif di bulan Maret juga mengalami peningkatan dibanding bulan Februari. Selain itu, peluncuran produk-produk baru dan beberapa pameran otomotif di bulan Maret ikut membantu menjaga permintaan konsumen tetap tinggi.
“Pemesanan untuk All New Honda HR-V telah menembus lebih dari 5.000 unit dalam kurun waktu dua minggu setelah diluncurkan pada tanggal 23 Maret 2022 lalu. Karena keterbatasan komponen untuk produksi saat ini, kami mohon maaf jika konsumen harus menunggu lebih lama untuk All New Honda HR-V dan kami akan terus memaksimalkan produksi untuk segera dapat memenuhi semua pemesanan konsumen,” kata dia dalam siaran pers di situs Honda Indonesia, Sabtu 9 April 2022 seperti dikutip KONTAN.
Pada penjualan bulan April, HPM optimis dapat kembali mencatatkan pertumbuhan penjualan yang positif. Honda telah menyiapkan berbagai program penjualan dan purna jual yang menarik bertajuk “Ketupat Lebaran” untuk memudahkan konsumen dalam memiliki mobil Honda sekaligus memberikan nilai lebih bagi konsumen.
Program “Ketupat Lebaran” meliputi DP Ringan mulai dari 10 persen, Bunga Rendah mulai dari , nol persencilan Ringan mulai dari Rp 2 Juta, Tenor hingga tujuh tahun, Lucky Dip hingga ratusan juta rupiah, hadiah menarik, dan Bebas biaya perawatan berkala (jasa + parts sampai dengan 50 ribu killometer atau empat tahun). HPM juga memberikan program penjualan kepada konsumen nasional yang bertajuk “Kembali Silaturahmi Bersama Honda” selama bulan April 2022, di mana konsumen akan mendapatkan free biaya perawatan berkala (Jasa + parts sampai dengan 50 ribu kilometer atau empat tahun) khusus untuk pembelian Honda Brio, Honda Mobilio, Honda City Hatchback, dan Honda CR-V.
Memasuki April 2022 ini, konsumen yang melakukan SPK akan mendapatkan keuntungan seperti mendapatkan DP rendah mulai dari 10 persen, biaya angsuran rendah, bunga rendah, Lucky Dip Jutaan Rupiah, Grand Prize senilai jutaan rupiah, Test Drive berhadiah, hingga Bebas Biaya Paket Perawatan Berkala. Seluruh program promosi tersebut memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. (*)